Thursday, June 21, 2018
   
TEXT_SIZE

Gelar Karya Mahasiswa AKS. Ibu Kartini Semarang 2013

Semarak Gelar Karya Mahasiswa Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) Ibu Kartini Semarang 2013 yang berlangsung di Gedung Wanita Semarang (23/2) banyak mengundang decak kagum pengunjung terutama terhadap kemampuan dan kreatifitas mahasiswa dalam menciptakan hasil karya mereka. Bayangkan, seorang peragawati berlenggak-lenggok di atas Cat Walk mengenakan model pakaian yang begitu mempesona dan indah dipandang, tak menyangka kalau model pakaian tersebut merupakan hasil karya desainer yang notabennya seorang mahasiswa.

          Kreatifitas seperti inilah yang seharusnya dikembangkan dalam lingkungan kampus sebagai bekal sentuhan soft skill yang diharapkan dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada setiap mahasiswa, sehingga setelah lulus mereka mampu mengembangkan dengan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan tidak tergantung pada pekerjaan yang sudah ada, dengan demikian akan mampu menghadapi berbagai tantangan dan perubahan,

          Gambaran tersebut menjadi trade mark yang menjadi ciri dan keunggulan tersendiri bagi AKS Ibu Kartini Semarang, salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah yang berorientasi mencetak lulusannya untuk menjadi seorang wirausaha (Entrepreneur) dengan program studi yang diselenggarakan, Tata Busana, Tata Rias dan Tata Boga. Bidang ini cukup potensial dan memiliki nilai strategis  untuk dikembangkan guna mengeliminir isu pengangguran intelektual yang jumlahnya semakin membesar.

          Gelar karya mahasiswa yang menjadi satu rangkaian dalam rangka memperingati HUT ke-60 Yayasan Ibu Kartini Semarang, menampilkan 35 karya mahasiswa semester V yang dikemas dalam bentuk peragaan busana, tata rias dan tata boga, sekaligus sebagai ajang untuk menguji kemampuan dengan menciptakan hasil karya selama memperoleh materi perkuliahan di kampus. Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh Direktur AKS Ibu Kartini Semarang, Dra. Tri Rettagung Diana, M.Kes  dalam sambutannya, gelar karya mahasiswa ini menjadi ajang bagi mahasiswa semester V untuk mengimplementasinya materi perkuliahan yang diperoloeh yang diwujudkan dalam bentuk hasil karya, dan kegiatan ini akan diuji oleh dosen penguji serta menjadi salah satu kriteria untuk penilaian kelulusan.

          Kegiatan yang menjadi acara rutian setiap tahun tersebut, kali ini mengambil tema “ Touch of Indonesia Inspiration” mendapat sambutan hangat dan antusias dari masyarakat  yang datang dari perbagai kalangan, baik dari instansi, sekolah lanjutan atas di kota sSemarang, mass media dan lain-lain.  

          Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Ibu Kartini Semarang Ir. Hj. Tjahayati Koesmono mengatakan, acara gelar karya ini dipersembahkan untuk umum dengan harapan masyarakat akan lebih mengetahui siapa dan bagaimana kiprah AKS Ibu Kartini Semarang, sekaligus sebagai ajang promosi untuk calon-calon mahasiswa. Ia mengharapkan untuk ke depan agar para mahasiswa dapat lebih menghasilkan karya-karya inovatif yang lebih mengarah pada temuan-temuan baru dengan biaya yang terjangkau, bahan baku yang mudah didapat dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

          Sedangkan Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik, Endang Surastuti, SH mengatakan, dalam rangka pengembangan PTS di Jawa Tengah, sesuai tugas dan fungsinya Pemerintah melalui Kopertis akan konsisten memberikan dukungan terhadap langkah-langkah positif yang diambil oleh PTS dengan memberikan bantuan berupa pelatihan-pelatihan, beasiswa baik bagi mahasiswa maupun dosen, dan bantuan lain berupa hibah.

COMMUNITY

Materi Pelatihan