Wednesday, June 20, 2018
   
TEXT_SIZE

APTIKES PERLUAS KERJASAMA DENGAN PT KESEHATAN PHILIPINA

Semarang – Sebanyak  27 PTS Kesehatan di Jawa Tengah,  terdiri dari 57 Pimpinan dan Yayasan yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Swasta (APTIKES) Jawa Tengah, bekerjasama dengan Atase Pendidikan Kedutaan Besar RI Philippina, mengadakan benchmarking ke Negara setempat selama enam hari (1-6/4).

“Selama di Philippina kami sempat mengunjungi beberapa Perguruan tinggi (PT) Kesehatan di sana, diantaranya yaitu Emilio Aquinaldo College of Philippine, Arellano University, The Philippine Women’s University, Pontifical and Royal University of Santo Tomas The Catholic University of The Philippines, Manila Central University, Trinity University. Masih ada 17 (tujuhbelas) PT yang tidak sempat kami kunjungi. Namun demikian, mereka menyatakan siap untuk melakukan MoU.”

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua APTIKES Jawa Tengah, Edy Wuryanto, S.Kp, M.Kep sekembalinya dari Philippina, baru-baru ini.

Menurut Edy, ada alasan mendasar mengapa PT Kesehatan Philippina menjadi pilihan, karena lulusan yang dihasilkan khususnya perawat, telah menguasai kebutuhan tenaga kesehatan di berbagai Negara maju, seperti USA, Australia, Eropa dan Timur Tengah. Aspek lain, mutu PT Kesehatan di sana relatif bagus dengan melekat akreditasi internasional, serta sebagian besar memiliki RS Pendidikan sendiri.

Ketua APTIKES Jawa Tengah menambahkan, selain menjalin kerjasama (MoU) dalam upaya percepatan mutu PTS Kesehatan di Jawa Tengah, tujuan dilakukan benchmarking salah satunya adalah memanfaatkan prioritas beasiswa studi lanjut dosen ke luar negeri yang difasilitasi Dikti.

“Dosen PTS Kesehatan di Jawa Tengah 74,8% masih berpendidikan S1/D4. Mencermati realita ini,  perlu kiranya ada upaya mempercepat  studi lanjut bagi dosen. Ini merupakan salah satu bentuk investasi, sehingga dalam tempo tiga hingga lima tahun ke depan akan lebih banyak dosen bergelar magister maupun doktor dengan kemampuan berbahasa inggris yang bagus”, tegas Dia.

Guna mematangkan tujuan tersebut, APTIKES Jawa Tengah bekerjasama dengan Kedubes Philippina dan Kopertis VI, akan menggelar Workshop Percepatan Pegembangan PTS Kesehatan dan Networking, di kampus STIKES St. Elisabeth Semarang pada 17 April 2013.

COMMUNITY

Materi Pelatihan