Monday, June 25, 2018
   
TEXT_SIZE

PESERTA ON MIPA PERLU MILIKI KARAKTER TANGGUH

Semarang –  Peserta yang mengikuti ajang Olimpiade Nasional Matematika dan IPA (ON MIPA), merupakan sosok yang  tidak hanya cerdas di bidang kompetensi keilmuan, akan tetapi perlu melengkapi diri dengan empat pilar karakter, diantaranya yakni ketangguhan.

            “Maknai wahana Olimpiade ini sebagai  komitmen dan ekspresi cerdas. Gunakan dimensi karakter secara komprehensip dengan menunjukkan kecerdasan terhadap kompetensi keilmuan khususnya dalam hal ini untuk bidang MIPA, serta melengkapi diri dengan karakter tangguh”.

            Pernyataan ini disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto saat membukan acara ON MIPA,  diikuti 243 orang peserta dari 17 PT di Jawa Tengah, berlangsung di kampus IKIP PGRI Semarang, selama dua hari 29-30/4.

            Prof DYP dalam kesempatan tersebut menambahkan, On-MIPA merupakan agenda nasional dari Ditjen Dikti. Ajang ini hendaknya dapat mendorong  peningkatan kualitas bagi mahasiswa, serta memperluas wawasan kegiatan pembelajaran, karena banyak masukan yang akan diperoleh.

            “Mantapkan kesungguhan Saudara dalam mengikuti kegiatan ini, karena dari sejumlah 243 orang yang mengikuti ajang ON MIPA jumlahnya tidak banyak apabila dibandingkan jumlah mahasiswa yang ada saat ini secara nasional sampai dengan akhir 2012 mencapai 5.381.214 orang. Dengan jumlah yang minim tersebut, Saudara merupakan orang-orang pilihan sebagai wakil perguruan tinggi masing-masing, “ kata beliau memotivasi peserta.

            Pada kesempatan tersebut Koordinator Kopertis VI menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor IKIP PGRI Semarang yang telah memberikan fasilitas berupa tempat.

            Tim Panitia ON MIPA 2013 Prof. Purwatiningsih mengatakan, setiap perguruan tinggi dapat mengirimkan 20-28 mahasiswa. Mereka akan diseleksi di tingkat Kopertis atau propinsi untuk ditandingkan di tingkat nasional.

Penyelenggaraan ON MIPA serentak dilaksanakan disetiap propinsi. Adapun peserta di Jawa Tengah yang mengikuti ajang ini berasal dari UNSOED mengirim 28 peserta, UNS (28), UNNES (28), UNDIP (28), UMPurwokerto (21), UNIKAL (7), UMPurworejo (13), UNIVET Bangun Nusantara Sukoharjo (9), UKSW (12), UNWIDHA Klaten (16), UMS (13), UPS (5), Stifar Semarang (7), Unissula (6), UNWAHAS (3), UNIMUS (8), IKIP PGRI selaku tuan rumah (21) peserta.

            Materi yang diujikan untuk bidang Matematika meliputi Analisis Real, Kombinatorika, Analisis Komplek dan Struktur Aljabar, Aljabar Linier. Bidang Kimia meliputi Kimia Fisika, Kimia Anorganik, Kimia Organik, Kimia Analitik. Bidang Fisika meliputi Mekanika Klasik, Elektrodinamika, Termodinamika dan Fisika Statistik, Fisika Modern, Mekanika Kuantum. Bidang Biologi meliputi Kimia dalam kehidupan biologi sel, Genetika dan Biologi Molekular, Botani, Zoologi, Mikrobiologi, Ekologi & Evolusi.   

COMMUNITY

Materi Pelatihan