Monday, February 26, 2018
   
TEXT_SIZE

PROF DYP HADIRI PENGANUGERAHAN FESTIVAL DRAMA PELAJAR

Semarang -  Koordinator Kopertis VI Jateng, Prof. DYP Sugiharto menyempatkan hadir dalam acara Malam Penganugerahan Festival Drama Pelajar Tingkat Jawa Tengah 2013 yang diselenggarakan Teater Gema IKIP PGRI Semarang. Penyelenggaraan acara berlangsung di lapangan parkir gedung utama kampus setempat, belum lama ini.  

Dalam kesempatan tersebut, Prof. DYP menyampaikan tentang pentingnya menghormati proses. Kedisiplinan, kerja keras saat latihan sangat penting, dan juga akan membentuk kepribadian seorang aktor, sutradara, hingga peñata panggung.

            “Ada tiga hal yang menonjol dalam penyelenggaraan festival ini, pertama terlihatnya proses yang ditunjukkan peserta, kemudian raung ekspresi yang diberikan oleh IKIP PGRI Semarang,  serta kreatifitas yang ditunjukkan teater Gema. Ketiga hal ini bertemu menjadi kesatuan yang indah,” tegas Prof. DYP

            Festival Drama diikuti 19 kelompok teater  SMA,  tampil sebagai penyaji terbaik yakni Teater Sukma SMK N 2 Semarang.

            Salah satu juri, Aji Nugroho mengatakan, Festival Drama yang mengusung realisme ini setiap tahun mengalami perkembangan. Ada peserta yang sudah mengikuti acara ini setiap tahun, ada pula yang baru mengikuti.

            Aji berharap, karena hal ini merupakan kegiatan rutin maka peserta perlu mempersiapkan diri dengan baik. Akan tidak menarik jika hanya dipersiapkan beberapa hari pada memiliki waktu persiapan yang panjang. Proses teater tidak terbatas pada pemangunggan, tetapi segala aktivitas proses akan menjadikan siapa saja yang terlibat menjadi baik” tegasnya.

            Dr. Muhdi, rektor IKIP PGRI Semarang pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta festival.

            “Jadikan semua ini pengalaman,  mengingat  dengan mengikuti festival  ini banyak pelajaran yang bisa dipetik” terangnya.

            Dia menambahkan, menyongsong kurikulum baru, festival drama pelajar semacam ini sangat cocok diselenggarakan di sekolah.

COMMUNITY