Wednesday, February 21, 2018
   
TEXT_SIZE

UNWAHAS PERLU MILIKI AKREDITASI KELEMBAGAAN

Semarang – “Akreditasi dan pengembangan dosen perlu diwujudkan dalam pengelolaan perguruan tinggi (PT). Ada dua akreditasi yang harus disiapkan, yakni akreditasi institusi dan akreditasi program studi.”

Pernyataan tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto dalam penyelenggaraan acara Wisuda ke-18 Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS),   berlangsung di Masjid Agung dengan peserta wisuda sebanyak 497 orang (5/6).

Prof. DYP menambahkan, saat ini ada empat PTS di Jateng telah berhasil memperoleh akreditasi institusi B dari BAN-PT, sama dengan akreditasi yang diperoleh PTN di Jateng. Indikator tersebut menunjukkan, pengelolaan PTS di Jateng sudah memadai dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Terkait dengan akreditasi kelembagaan, orang nomor satu dijajaran Kopertis VI berharap, UNWAHAS hendaknya segera mempersiapkan pengajuan persyratan yang dibutuhkan.

Pada aspek lain, Prof. DYP mendukung UNWAHAS yang memiliki rencana membuka progdi baru Kedokteran dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Potensi UNWAHAS berpeluang besar menggembangkan lembaganya, mengingat dalam akselerasinya isnstitusi ini menyelenggarakan pendidikan akademik, vokasi dan profesi,” tegas beliau.

Dalam pesannya kepada wisudawan Prof. DYP mengatakan, agar wisudawan melakukan perubahan perilaku dan pola pikir yang ditampilkan.

“Ada lima tahapan pola pikir yang harus dipenuhi wisudawan, yaitu pola pikir disiplin ilmu yang harus dipelajari, mensintetis persoalan yang ada di masyarakat, kreatif, respek untuk melakukan kerjasama dengan orang lain, serta pola pikir yang berbasis moral dan keagamaan dalam upaya menuju perolehan berkah.”

Rektor UNWAHAS, Dr. H. Noor Achmad, MA mengatakan, isntitusinya telah mengembangkan Islam yang moderat, toleransi dan beriman, sehingga lulusan yang dihasilkan tidak hanya kompeten dalam keilmuan, akan tetapi memiliki karakter yang kuat.

Lulusan terbaik Program Pasca Sarjana (S2) Pendidikan Agama Islam, diraih A. Machasin dengan IPK 3,89, Fakultas Ekonomi lulusan terbaik diraih Siti Makmunah IPK 3,60, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik daraih Siti Fadilah IPK 3,90, Fakultas Teknik diraih Mastain Budiharto, IPK 3,10, Fakultas Pertanian diraih Mukhlisin, IPK 3,85, Fakultas Farmasi diraih Nirmalasari IPK 3,68, Fakultas Agama Islam diraih Alfiatun, IPK 3,82 Fakultas Hukum diraih Wiwin Kristiyani IPK 3,73.

COMMUNITY