Thursday, June 21, 2018
   
TEXT_SIZE

PEKAN KREATIVITAS MAHASISWA AKBID YLPP PURWOKERTO

       Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto meresmikan POSKESTREN (Pos Kesehatan Pondok Pesantren) Al-Alawiyah yang berlokasi di Desa Ngasinan Kidul Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo (15/6), dihadiri sekitar 80 peserta dan tamu undangan. Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta saritilawah oleh 2 Santriwati pondok pesantren, dilanjutkan sambutan – sambutan  dan pemotongan pita oleh Direktur AKBID YLPP, Yuli Trisnawati, SSiT., M.Kes serta penyerahan perlengkapan POSKESTREN secara simbolis kepada pengelola pondok pesantren.

      Kegiatan peresmian POSKESTREN ini merupakan hasil akhir dari serangkaian  kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam bidang Pengabdian Masayarakat, yang bertemakan “ Pendidikan Kesehatan, Kebersihan Diri dan Lingkungan Melalui Rintisan POSKESTREN “ yang dilaksanakan selama ± 3 bulan.

         Kegiatan ini berlatar belakang dari potret umum pondok pesantren yang dikenal dengan ciri khas yang kurang memperhatikan lingkungan sekitar dan diri sendiri, banyak sampah berserakan di sekitar pondok, saluran selokan yang tidak lancar, sanitasi air bersih yang kurang diperhatikan, juga sarana umum seperti tempat jemuran dan tempat sampah yang masih sangat kurang diperhatikan. Dari lingkungan yang kurang sehat inilah berdampak negativ pada santri dan santriwati, khususnya dampak terhadap penyakit kulit dan paru – paru akibat sering merokok.

       Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi dan motivasi kepada santri, santriwati serta pengelola Ponpes tentang kesehatan diri dan lingkungan sekitar yang pada akhirnya diharapkan mereka dapat menjaga dan bertanggung jawab terhadap kebersihan dirinya masing – masing dan lingkungan sekitar, selain itu diharapkan juga mereka dapat melakukan tindakan bersama untuk merubah dan menciptakan suasana yang bersih dan sehat, serta dapat merasakan dampak yang positif bagi kesehatan mereka semua.

         Diawali dengan penyuluhan oleh mahasiswi Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto setiap minggunya selama 3 minggu berturut - turut, dengan materi : kesehatan diri dan lingkungan, kesehatan reproduksi remaja dan NARKOBA. Berikutnya kegiatan bersih lingkungan pondok pesantren oleh seluruh santri dan satriwati, mahasiswi AKBID YLPP Purwokerto serta pengelola pondok pesantren, serta melakukan pelatihan kader POSKESTREN tentang P3K, dimana kader diambil dari 4 santri dan 4 santriwati (berjumlah 8 kader POSKESTREN). Sedangkan kegiatan terakhir adalah pembentukan serta peresmian POSKESTREN, dimana dalam pembentukkan POSKESTREN ini mahasiswi AKBID YLPP dibantu oleh Dinas Kesehatan Kabpuaten Wonosobo, Kepala Puskesmas Kalikajar beserta bidan desa, Pengelola Pondok Pesantren, dosen pembimbing dan seluruh santri serta santriwati.

         Setelah peresmian POSKESTREN AL – Alawiyah ini, maka tanggung jawab dipegang penuh oleh pengelola pondok pesantren dengan binaan / bimbingan dari Puskesmas setempat, dengan harapan POSKESTREN dapat bermanfaat bagi penghuni Pondok Pesantren Al – Alawiyah. Sedangkan bagi mahasiswa AKBID YLPP Purwokerto diharapkan dapat semakin kreatif dan dapat segera menciptakan karya – karya lain yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia kesehatan pada umumnya.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan