Monday, June 25, 2018
   
TEXT_SIZE

PEMBERDAYAAN TENAGA HUMAS PTS

”Pemberdayaan Tenaga Humas PTS” Isu ini menjadi aktual dan menjadi bahan pembicaraan  cukup ramai di forum Pelatihan Tenaga Kehumasan dan Keprotokolan PTS yang diselenggarakan Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah (26-28/6) di Hotel Grand Wahid Salatiga. Hal tersebut senada dengan yang dikatakan Koordinator Kopertis VI Prof. DYP Sugiharto, Humas sebagi ujung tombak dalam rangka pencitraan PTS harus diberi ruang dan peran yang cukup untuk melakukan tugas-tugasnya.

             Sebagian peserta pelatihan (52 PTS) hampir mengatakan, di lembaganya tenaga kehumasan belum diberdayakan sebagaimana mestinya, bahkan ada beberapa PTS yang belum memiliki bagian atau urusan yang menangani kehumasan dan keprotokolan. Sehubungan dengan hal tersebut sebagian besar peserta mengharapkan agar lewat forum ini pihak yang berkompeten mau mensosialisasikan ke pimpinan PTS.

             Pelatihan yang diharapkan dapat memberi stimulus bagi peserta agar lebih mampu secara profesional dalam menjalankan tugas-tugas kehumasan dan keprotokolan tersebut menghadirkan 3 (tiga) narasumber dari kalangan praktisi maupun akademisi, yakni Dr. Ali Imron, Drs. Sri Mulyadi, MM dan Drs. Gunawan Witjaksana, M.Si. Sedangkan materi pelatihan hampir semuanya terkait dengan tugas-tugas kehumasan dan keprtokolan, diantaranya Tugas Pokok dan Fungsi PR bagi PTS, Mengelola kegiatan PR di PTS, Sinergitas PR PTS dengan Media dan lain-lain. Disamping itu peserta juga melakukan kegiatan praktik keprotokolan wisuda, pembuatan press release.

             Diaakhir kegiatan dalam pesan dan kesan yang disampaikan peserta dari IKIP PGRI Semarang, Drs. Kiswoyo, MM mengharapkan, agar setelah pelatihan usai, masing-masing peserta dapat terus melakukan komunikasi, saling tukar informasi, dengan demikian dapat saling memantapkan tugas kehumasan dan keprotokolan di  lembaganya masing-masing.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan