Monday, June 25, 2018
   
TEXT_SIZE

Awal Perkuliahan Akpelni Gelar Pelatihan Bahasa Inggris

Bendan Dhuwur –  Mahasiswa baru Akademi Pelayaranan Niaga Indonesia (AKPELNI) Semarang, semenjak 2 September 2013 telah memulai kegiatan perkuliahan. Pada hari ini (6/9), awal dimulainya penyelenggaraan pelatihan bahasa Inggris selama satu bulan,  dibuka secara resmi oleh Direktur setempat, Djajari, M.Si.

“Penyelenggaraan pelatihan tersebut  wajib diikuti mahasiswa baru. Diadakannya pelatihan ini dimaksudkan agar para mahasiswa lancar berbahasa Inggris sebagai upaya mengantisipasi globalisasi. Selama masa pelatihan, kami memberlakukan ketentuan kepada mahasiswa baru untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, baik ketika berada di lingkungan kampus maupun saat di asrama.” Pernyataan tersebut disampaikan Djajari saat ditemui di ruang kerjanya.

            Terhadap sanksi bagi yang tidak mentaati aturan, Djajari akan memberikan sanksi yang sifatnya edukatif, salah satu misal menghafalkan hal-hal yang pokok.

            Pelatihan bahasa Inggris di bawah bimbingan Alifia Institut dari Pare Kediri yang dipimpin Bakir Riyanto selaku Direktur.

            Bakir mengatakan, pelatihan ini dalam sehari membutuhkan durasi waktu sekitar empat jam, dengan 48 pokok bahasan di luar debat dan TOEFL. Dari Alifia Institut membawa personil sebanyak 25 orang, terdiri dari 22 orang tutor dan 3 orang menangani administrasi. Indikator keberhasilan peserta nanti akan ditentukan skor yang diperoleh.

            Pada tahun ajaran baru 2013/2014, jumlah pendaftar sebanyak 900 orang, yang diterima sebanyak 517 orang. Dibandingkan tahun lalu, angka penerimaan tahun ini secara kuantitas lebih kecil.

            “Tahun 2012/2013, kami menerima mahasiswa baru mencapai sekitar 535 orang. Pengurangan penerimaan mahasiswa baru tahun ini bukan berarti Akpelni mengalami penurunan peminat, akan tetapi semata-mata menyesuaikan kemampuan daya tampung, seperti ruang kelas, ruang praktek maupun dosen.” tegas Djajari

            Dari jumlah keseluruhan mahasiswa baru AKPELNI, terbagi 7 kelas Nautika, 6 Kelas Teknika, 4 kelas Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhan.

COMMUNITY

Materi Pelatihan