Friday, February 23, 2018
   
TEXT_SIZE

Wisuda Ke X Stikes Kusuma Husada Surakarta

Pada tanggal 4 September 2013 STIKes Kusuma Husada Surakarta mewisuda 134 Ahli Madya Keperawatan dan 175 Ahli Madya Kebidanan. Wisuda tahun 2013 dilaksanakan di Gedung Graha Saba Buana merupakan wisuda ke X dan berlangsung tertib dan khidmat. Pada acara wisuda tersebut dilakukan pula angkat sumpah dan janji sebagai tanda dilantiknya wisudawan/wati sebagai lulusan tenaga kesehatan professional oleh Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala BKIM Semarang Ibu Drg. Ninuk Sumaryanti, M.Kes. Dalam sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah disampaikan bahwa bagi tenaga kesehatan dan Perguruan Tinggi untuk mengikuti isu-isu terkini di bidang kesehatan misalnya target yang akan dicapai dalam MDG’s 2015 sehingga memperkaya wawasan peserta didik yang nantinya akan diterjunkan sebagai SDM Kesehatan.

Para lulusan dimohon jangan terlalu terlena dengan kebahagiaan momen wisuda karena yang dituju Bukan Kelulusan melainkan Kesuksesan Masa Depan. Sidang Senat Terbuka dengan acara tunggal Wisuda X Diploma Keperawatan dan Kebidanan STIKes Kusuma Husada dibuka dan ditutup oleh Ketua Senat STIKes Kusuma Husada Surakarta Ibu Dra. Agnes Sri Harti, M.Si. Dalam laporan pendidikan yang disampaikan kegiatan penyelenggaraan Ujian Akhir Program dari Prodi D-III Keperawatan dan D-III Kebidanan tahun 2013. Lulusan terbaik Prodi D-III Kebidanan yaitu : Dyah Susanti dan Enggari Kurnianingrum (IPK 3,66), Ria Mustikawati dan Khoirina Putriadi (IPK 3,58), Nurul Perdania Lisdiandri (IPK 3,54). Lulusan terbaik Prodi D-III Keperawatan yaitu : Bernadetha Ajeng Tresnaningsih (IPK 3,72), Ika Murni Widyastuti   (IPK 3,51), Siti Faizah dan Aziz Mustofa (IPK 3,50).

Dalam rangka meningkatkan pendayagunaan lulusan STIKes Kusuma Husada Surakarta maka telah dilakukan MoU dengan berbagai Rumah Sakit melalui proses rekruitmen lulusan yang dilaksanakan sebelum wisuda antara lain dengan Hermina Hospital Grup, R.S. Awal Bros Batam, R.S. St. Elisabeth Bekasi, PT Pharos Indonesia serta berbagai R.S lainnya. Selain proses rekruitmen di Kampus STIKes Kusuma Husada juga dilakukan program koordinasi rekruitmen secara kolektif yang difasilitasi oleh pihak kampus sehingga para lulusan tidak perlu mengirimkan berkas lamaran secara individu. Selain itu dilaksanakan pula kegiatan EPT (English Profeciency Test) bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Bahasa ELTI sebagai peningkatan soft skills lulusan. Melalui program tersebut diharapkan para lulusan STIKes Kusuma Husada memiliki masa tunggu yang pendek bahwa sebelum lulus langsung diterima bekerja di instansi tersebut.

Pada kesempatan tersebut disampaikan pula bahwa kegiatan rekruitmen lulusan perlu dilakukan secara berkelanjutan terkait daya serap lulusan untuk dapat berperan serta di masyarakat. Ketua Yayasan Kusuma Husada dalam sambutannya yang disampaikan oleh Bapak Satino, SKM, MSc.N mengatakan bahwa beliau atas nama Yayasan Kusuma Husada sebagai pihak wasbindal (pengawasan, pembinaan dan pengendalian) STIKes Kusuma Husada sangat mendukung adanya kegiatan tersebut dan perlu ditingkatkan di masa yang akan datang. 

COMMUNITY