Monday, June 25, 2018
   
TEXT_SIZE

UPS Tegal Gelar Wisuda Sarjana Ke – 50 Dan Diploma III Ke – 30

Sabtu, 14 September 2013 bertempat di Auditorium Universitas Pancasakti Tegal, sebanyak 908 mahasiwa UPS diwisuda oleh rektor Universitas Pancasakti Tegal. Wisuda diikuti oleh seluruh lulusan dari 6 fakultas yang ada di Universitas Pancasakti Tegal dan dihadiri oleh segenap pejabat di lingkungan Universitas Pancasakti Tegal serta Kepala Daerah dari beberapa kabupaten kota yang ada di sekitar wilayah eks-karesidenan Pekalongan. Acara juga dihadiri oleh pejabat KOPERTIS Wilayah VI wilayah Jawa Tengah.

 

Tampak wajah – wajah yang sangat ceria pada setiap wisudawan dan keluarga yang ikut mengantar. Hal ini bisa difahami, sebab setelah sekian lama mereka bergelut dengan waktu dan keadaan untuk mempelajari materi – materi kuliah yang diambil selama proses belajar yang kemudian berhasil lulus dan mampu menjadi kebangaan orang tua dan keluarga.

Dalam sambutannya rektor Universitas Pancasakti Tegal mengatakan harapannya agar semua wisudawan dapat mengamalkan ilmunya untuk sebaik baik kemaslahatan umat. Beliau juga menyampaikan bahwa upacara wisuda ini bukanlah anak taqngga terahir dalam mencapai pintu gerbang kesuksesan, melainkan anak tangga yang baru untuk menggapai cita – cita. Janganlah bersikap takabur dalam menyandang gelar baru yaitu gelar sarjana di tengah – tengah masyarakat.

Untuk periode september tahun ini Universitas Pancasakti Tegal melaksanakan prosesi wisuda dalam dua sesi, yaitu sesi pertama dilaksanakan pagi harinya dan sesi keduanya dilaksanakan pada siang harinya. Hal ini dilakukan agar prosesi bisa lebih khitmat karena tidak terlalu banyak peserta yang ikut karena sudah dilaksanakan dalam dua (2) sesi.

Serperti dalam prosesi wisuda yang terdahulu, nuansa tradisional masih mewarnai acara tersebut. Diantaranya dengan pakaian wisudawati yang mengenakan kebaya serta beberapa tarian tradisioanal yang ditampilkan  dalam wisuda tersebut hingga aluana gamelan yang senantiasa mengiringi prosesi tersebut.

Hal ini dilaksanakan dalam rangaka menjaga tradisi bangsa yang memiliki kearifan lokal yang harus senantaiasa dijaga oleh setiap komponen bangsa termasuk Universitas Pancasakti Tegal.

COMMUNITY

Materi Pelatihan