Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

PTS Jateng Perlu Optimalkan Pengelolaan Website

Bendan Dhuwur -  Sebanyak 90 PTS di Jateng khususnya yang menangani dibidang teknologi informasi dan bagian humas, diundang Kopertis VI untuk mengikuti sosialisasi pengelolaan Website dan Internet, berlangsung di kantor setempat, baru-baru ini.

            Acara yang terbagi dua angkatan tersebut memprioritaskan peserta dari PTS yang belum memiliki website, atau yang sudah akan tetapi belum dikelola secara maksimal.

            “Sosialisasi ini kita prioritaskan bagi PTS yang tidak atau kurang aktif dalam pengelolaan websitenya. Hal tersebut bisa dimungkingkan, karena lembaga PTS nya belum memiliki fasilitas website, atau mungkin sudah memiliki  website  akan tetapi tidak optimal dalam pengelolaannya ang disebabkan  karena faktor keterbatasan sumber daya manusia (SDM).

            Pernyataan tersebut disampaikan Ngadiyanto, MT selaku penyelenggara kegiatan.

            “Sekembalinya mengikuti sosialisasi ini, diharapkan masing-masing perwakilan PTS yang sudah memiliki website dapat memanfaatkannya  secara optimal dan kontinyu. Sedangkan bagi PTS yg belum dapat segera mengupayakan,” tegas Dia.

            Yanto menambahkan,  di era teknologi saat ini jangan sampai  lembaga perguruan tinggi (PT) yang dikenal oleh masyarakat luas sebagai komunitas intelektual tersebut mengesankan gagap teknologi. Untuk itu, kepemilikan dan keaktifan dalam pengelolaan website di PTS sangat penting dalam upaya menghilangkan kesan tersebut.

            “Target dari sosialisasi ini, yakni pengelola Website di PTS dapat mempopulerkan website di lembaganya pada layanan goggle dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization.

            Narasumber acara sosialisasi, Mardi Siswo Utomo, M.Cs dengan materi Aplikasi Pengelolaan Konten Webside, Fatkhul Amin, M.Kom dengan materi Membangun Navigasi dan Konten Situs yang “User Friendly”.

COMMUNITY