Thursday, June 21, 2018
   
TEXT_SIZE

Akper Al-Hikmah 02 Terapkan Hafal Yasin Sebelum Lulus

Brebes -   Nuansa Islami Nampak kenthal dalam penyelenggaraan wisuda Ahli Madya Keperawatan dan Angkat Sumpah di Akademi Keperawatan Al-Hikmah 02 Brebes. Acara dibuka dengan bacaan Al-Fatekah, dilanjutkan dengan Surah Yasin oleh wisudawan secara bersama.

            “Sebelum diwisuda mahasiswa memiliki keharusan hafal Surah Yasin. Hafalan tersebut dilakukan semenjak  semester awal dan senantiasa dievaluasi pada semester berikutnya. Ini merupakan pesan abah (alm. KH. Masruri Abdul Muqhri, red) sesepuh pendiri Pesantren Al-Hikmah2,”.

            Pernyataan ini disampaikan Direktur Stikes Al-Hikmah 02, Dr. H. Zunan Arif Budi Santoso, MM, usai acara wisuda di kampus setempat (25/11).

            Alasan yang mendasari terhadap hafal Yasin, masih menurut Dia, dilihat dari historisnya pendiri Akper ini bermula dari Alm. KH. Masruri pernah dirawat di RS. Jantung Harapan Kita yang waktu itu melihat pasien yang sakaratul maut (menjelang kematian) justru yang memimpin bukan dari orang muslim. Dari Pengalaman tersebut abah punya tekad berkeinginan mendirikan Akper ini dan lulusannya harus bisa nuntun yang seperti itu untuk yasin, itu yang pokok.

            Terkait dengan keunggulan, pengedepanan Aklaqul Kharimah adalah mutlak sesuai dengan visi lembaganya, yakni mencetak perawat yang profesional dan beraklhakulkarimah serta bisa bersaing di era globalisasi.

            Bupati Brebes, Idza Priyanti,SE dalam sambutannya mengatakan, sebagai perguruan tinggi berbasis Pondok Pesantren pondasi ilmu agamanya kuat. Harapannya, ke depan Akper Al-hikmah 2 ada MoU dengan berbagai pihak yang berkompeten.

Adanya bidang pendidikan khususnya perguruan tinggi (PT) di wilayah Brebes, akan berpotensi meningkatkan sumber daya manusia di wilayahnya. Idza mengakui, untuk bantuan kepada PT yang ada di wilayahnya belum pernah ada, seperti pemberian beasiswa.

“Pemerintah daerah saat ini baru bisa memberikan beasiswa untuk murid SD, SMP dan SMA/SMK, sementara ini untuk PT belum. Coba tahun depan akan kita programnya, “tegas Idza.

Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasubbag. Keuangan, Hendradi Sulistiawan, SH menyatakan penyelenggaraan Wisuda oleh PT merupakan indikator kelancaran proses belajar mengajar. Sebagai institusi yang taat azas, ijazah yang dikeluarkan Akper Al-Hikmag 02 Brebes sah berdasarkan kententuan hukum dan UU. Dengan keabsagan tersebut ijazah yang diterima wisudawan tidak berbeda dengan yang dikeluarkan PT lain. Letak perbedaan ada pada kualitas dan kompetensi personal.

COMMUNITY

Materi Pelatihan