Thursday, June 21, 2018
   
TEXT_SIZE

M.S. Eric Santosa Raih Guru Besar

Bendan Dhuwur -  Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP,  siang tadi  mengundang dosen PNS dipekerjakan di Fakultas Ekonomi Unisbank Semarang, Prof. Dr. MS. Eric Santosa, MBA di ruang kerjanya untuk menerima surat keputusan (SK) pengangkatan dalam jabatan akademik Profesor/Guru Besar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Mohammad Nuh (2/10).

            “Untuk meraih jabatan fungsional akademik (JAFA) tertinggi Profesor/Guru Besar, memerlukan waktu panjang. Sebagaimana diketahui, semakin hari pagarnya semakin ketat, akan tetapi ternyata Bapak (Prof.Eric red) telah mampu menembus itu.”

            Pernyataan tersebut disampaikan Prof. DYP sebelum dilakukan penyerahan SK.

            Prof. DYP berharap, dengan diraihnya SK Profesor/Guru Besar, secara internal mampu menunjukkan kinerja yang lebih baik. Mohon dicermati adanya regulasi terbaru terkait dengan keberadaan Profesor/Guru Besar khususnya mengenai pemberian tunjangan profesi, yaitu sebagaimana diatur dalam peraturan Mendikbud No. 78 tahun 2013, yang baru kami terima minggu lalu, jelas beliau.

            Prof. Eric dalam perjalanannya hingga meraih Profesor/Guru Besar dari Lektor Kepala membutuhkan waktu tujuh tahun lamanya, dengan mengumpulkan angka kredit 891,50 kum.

            “Tahun 2004 sebenarnya saya sudah meraih gelar Doktor, akan tetapi  belum ada keinginan menjadi Profesor, meskipun waktu itu pengumpulan angka kredit dirinya untuk pengajuan Profesor mencukupi.”

            “Mosok Profesor kok ngak menduduki jabatan apapun di kampus, lagian kalau waktu itu saya profesor takut dianggap orang kaya kemana-mana harus bawa mobil, sedangkan  saya ini masih suka pakai motor” seloroh Prof. Eric yang mencerminkan sosok ilmuan yang penuh dengan kesederhanaan.

            Dia menambahkan, ada beberapa alasan kuat yang melatarbelakangi dirinya untuk melakukan perubahan mindset, dari sebelumnya tidak  berkeinginan meraih Profesor/Guru Besar hingga memiliki keinginan kuat meraih Profesor/Guru Besar, antara lain adanya penghargaan dari pemerintah berupa tunjangan Profesor/Guru Besar, serta adanya pemberian motivasi yang dilakukan kopertis VI, salah satu yang saya ingat betul yaitu, dosen harus mampu mendukuki tataran tertinggi dalam JAFA, yakni mencapai Profesor/Guru Besar.

            Saat ini Kopertis VI terdapat 62 Profesor/Guru Besar, terdiri dari 27 dosen PNS dipekerjakan dan 35 dosen tetap yayasan.  Di Unisbank, Prof. Eric sebagai Profesor/Guru Besar urutan ke tiga setelah Almarhum Prof. Hadi Wuryan dan Prof. Dr. Y Sutomo.

            Menurut Prof. Eric, Pengukuhan Guru Besar atas dirinya akan dilakukan pada hari Senin, 21 Oktober 2013.

            “Untuk pidato Pengukuhan Guru Besar sudah saya siapkan, dengan mengambil tema ILMU PEMASARAN : ANTARA PENGEMBANGAN TEORI DAN PEMASARAN INSTANT : MENUJU KEPEMPINAN PASAR,” jelas Prof Eric diakhir wawancara.

COMMUNITY

Materi Pelatihan