Sunday, February 25, 2018
   
TEXT_SIZE

UMP Raih Juara I Mawapres Tingkat Kopertis VI Jateng 2014

Bendan Nduwur – Ayu Wulandari, mahasiswa semester enam progdi Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), dinyatakan sebagai juara I oleh para juri yang terdiri dari Prof. Dr. Sukarno, M.Si, Dr. Taufik, M.Si, Tommy Yuniawan, M.Hum diajang Pemilihan Mahasiswa Berperstasi (Mawapres) Tingkat Kopertis VI Jateng 2014.

            “Ada tiga kriteria yang kita gunakan sebagai acuan dasar memilih juara I pada khususnya, pertama mengenai penelusuran keunggulan dari yang bersangkutan terutama terhadap prestasi yang diraih, paling rendah tingkat propinsi, kemudian nasional bahkan tingkat internasional. Kedua, ide/gagasan atau hasil penelitian yang dituangkan di dalam karya tulis ilmiah yang dipresentasikan di depan dewan juri, baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Ketiga, penguasaan bahasa Inggris, baik lisan maupun tertulis. Yang tertulis kita baca dari karya tulisnya, sedangkan yang lisan melalui presentasi makalah”

          Pernyataan ini disampaikan salah satu dewan juri, Prof. Sukarno. Ia optimis, tahun ini ada target yang ingin diwujudkan, yakni hasilnya lebih baik dari tahun kemarin. Untuk itu, dengan tekad yang bulat, dari unsur juri ingi “memoles” wakil dari Kopertis VI Jateng sebelum menuju Jakarta.

            Senada dengan hal tersebut, Ayu Wulandari memaparkan, langkah berikutnya adalah merevisi karya ilmiah dan melengkapi dokumentasi-dokumentasi prestasi, serta giat berlatih untuk sesi tanya jawab dalam bahasa Inggris.

            “Saya ingin mengikuti jejak senior saya yang tahun lalu masuk 15 besar di tingkat nasional. Mudah-mudahan peringkat  saya nanti bisa lebih baik dari itu, minimal masuk di lima besar,” harap Ayu.

            Pada acara penutupan, Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto menyampaikan ucapan selamat bagi para peserta yang terpilih sebagai juara I, II, III. Sedangkan kepada yang belum berkesempatan meraih peringkat tersebut, di tahun mendatang ditunggu kehadirannya dengan bekal yang sudah lebih baik.

            “Makna paling penting dari peristiwa ini adalah sebuah proses. Oleh karena itu, semua yg hadir terlibat dlm kegiatan ini semuanya berada dalam proses menemukan nilai-nilai  pembelajaran yang bermakna untuk pengembangan diri ke depan. Kepada peserta,  perolehan-perolehan  personal yg terjadi pada hari ini, terutama setelah presentasi  dihadapan juri , dan disitu terjadi dialog-dialog lalu saudara memberikan argumentasi, mudah-mudahan pengalaman ini menjadi perolehan mutiara bermakna utk pengembangan diri selanjutnya,” lanjut Koordinator.

            Berikut pemenang Pemilihan Mawapres Tingkat Kopertis VI Jateng yang diselenggarakan di kantor setempat baru-baru ini (16/4), Juara I diraih Ayu Wulandari (UMP), Juara II diraih Endang Rahmawati (UMS), Juara III diraih Muhammad Iksan Sanusi (Unissula).

  Selain akan memperoleh piagam dan uang pembinaan dari Koordinator Kopertis VI, Juara I, II, III berhak mewakili PTS Jawa Tengah di tingkat nasional.

COMMUNITY