Monday, June 25, 2018
   
TEXT_SIZE

Lulusan STIE Totalwin Legal Dan Sah

Semarang  -  Penyelenggaraan Wisuda STIE Totalwin yang digelar siang tadi di Krakatau Grand Ballroom Hotel Horison (9/6), tampak dihadiri Sekretaris Pelaksana Kopertis VI, Sri Sujanti, SH.

Saat menyampaikan sambutan tertulis Koordinator, Prof. DYP Sugiharto, Ia mengatakan, Kopertis VI hanya akan menghadiri wisuda di PTS jika nama wisudawan tercatat dalam Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT),  atau pelaporan data PT melalui PDPT mencapai 100%. Pada aspek lain,  progdi yang diselenggarakan PT juga harus melekat akreditasi BAN-PT.

“Alhamdulillah Ketua STIE Totalwin dapat meyakinkan Kopertis VI telah tercatat di PDPT. Dengan demikian, saya pastikan bahwa dari seluruh wisudawan yang telah mengikuti prosesi wisuda saat ini merupakan lulusan yang sah berdasarkan ketentuan hukum dan UU, karena Saudara berasal dari lulusan perguruan tinggi yang legal dan sah” tegas sekretaris.

Terhadap apa yang disampaikan oleh Kopertis VI, Ketua STIE Totalwin, Sugiharti, MM mengatakan, terhadap regulasi yang dikeluarkan pemerintah seperti akreditasi progdi oleh BAN-PT maupun pelaporan PDPT, pada prinsipnya saya sepakat sebagai kontrol dalam penyelenggaraan PT. Namun demikian, diharapkan dari institusi terkait dalam hal ini Kopertis maupun Dikti berkenan memberikan bimbingan atau arahan, sehingga kami yang dari PTS bisa terus ikut andil dan penyelenggaraan PTS, serta dapat terus mengabdikan di dunia pendidikan.

Ia menambahkan, terkait dengan penilaian akreditasi program studi oleh BAN-PT tidak perlu ada semacam gread nilai A, B,C, cukup dengan sebutan terakreditasi saja.

“Terus terang ini menjadi kendala buat kami sebagai PTS yang masih relatif baru. Dan lagi, penilaian tersebut kami anggap  tidak memiliki aturan yang jelas. Untuk itu, sebaiknya pemerintah sebatas hanya melakukan kontrol dan pembinaan, biarkan masyarakat yang memberikan penilaian” papar Sugiharti,MM.

Wisuda ke-10 kali ini, Stie Totalwin menghasilkan lulusan sebanyak 152 orang, terdiri dari 86 orang lulusan S1 Manajemen, sedangkan untuk progdi Akuntansi S1 sebanyak 66 orang lulusan.

Lulusan terbaik progdi S1 Akuntansi diraih Dini Meylani dengan IKP 3,83, progdi S1 Manajemen diraih Ayu Nisaa Harvioni dengan IPK 3,60. Oleh STIE Totalwin masing-masing diberikan apresiasi uang tabungan sebesar 1 (satu) juta rupiah.

Sugiharti MM berharap, wisudawan bisa survive di tengah-tengah masyarakat meskipun berasal dari lembaga PT yang progdinya masih terakreditasi C.

“Saya yakin mereka  tidak kalah dengan lulusan dari PT lain yang progdinya telah terakreditasi di atasnya.   Sebenarnya akreditasi progdi tidak menjadi beban bagi lulusan kami, karena visi yang kami kembangkan  adalah kewirausahaan, jadi lulusan yang kami hasilkan pda umumnya  lebih berorientasi pada kerja mandiri  

Sebelum pelaksanaan Wisuda telah  digelar orasi ilmiah oleh Dr. Achmad Fauzan dengan tema “Membangun Karakter Wirausaha”.

COMMUNITY

Materi Pelatihan