Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Unisri Gelar Buka Bersama

Surakarta, Kopertis 6.or.id – Acara buka bersama oleh Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) menampilkan pembicara Ustdz Dr. HM. Joko Riyanto.

Acara yang digelar di Auditorium kampus setempat baru-baru ini tersebut, dihadiri civitas akademika Unisri terdiri atas dosen, karyawan, dan mahasiswa, serta anak-anak TPA masjid Ar Rahman Unisri.

Rektor, Prof. Dr. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto dalam sambutannya mengatakan,  buka bersama ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap bulan ramadhan. Ia berharap, semoga  semua yang hadir di sini bisa mengambil pelajaran dari ibadah puasa kali ini, ungkapnya.

Ustadz Dr. HM. Joko Riyanto dalam ceramahnya menyampaikan tauziah mengenai hubungan manusia yang bersifat vertikal (hablumminallah) dan horizontal (hablumminannaas). Hubungan vertikal adalah hubungan antara individu dengan Tuhan, sedangkan hubungan horizontal merupakan  hubungan antar-makhluk.

“Islam memandang sesuatu dari dua sudut pandang sekaligus, yakni pandangan ke dunia sekarang ini dan pandangan ke hari kemudian. Artinya, kehidupan di dunia ini, baik yang menyangkut kehidupan yang bersifat materi, sosial, politis, ekonomi, teknologi, individu, masyarakat, pemerintahan, negara tidak bisa dilepaskan dari ibadah kepada Tuhan. Mengapa? karena Islam adalah bukan hanya mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan saja, tetapi mengatur hubungan antara manusia dengan manusia lainnya. Kedua-duanya adalah ibadah. Inilah kuncinya dalam Islam. papar ustadz.

COMMUNITY

Materi Pelatihan