Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

Dr Suparnyo Rektor baru UMK

KUDUS-kopertis6.or.id – Keberadaan Perguruan Tinggi diharapkan bisa ikut menjadi lembaga yang menawarkan solusi atas pelbagai persoalan yang dihadapi bangsa ini. Bukan sebaliknya, yaitu untuk mempersoalkan persoalan.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI Prof Dr DYP Sugiharto MPd Kons  pada upacara pelantikan Dr Suparnyo SH MS sebagai Rektor Antar Waktu Universitas Muria Kudus (UMK) 2012 – 2016, baru-baru ini di kampus setempat.

‘’Keberadaan perguruan tinggi diandalkan untuk dapat menjadi bagian dari solusi, bukan bagian dari persoalan. Kehadirannya adalah untuk menjawab berbagai tantangan dan persoalan, bukan untuk mempersoalkan persoalan,’’ jelas Prof. DYP

Ada dua tantangan (persoalan) yang dihadapi, lanjut Koordinator, pertama, menyiapkan generasi 100 tahun Indonesia merdeka menjadi generasi emas di tahun 2045. Kedua, menyiapkan lulusan yang cerdas dan kompetitif, agar mampu bersaing dalam kancah pasar tunggal Asean, sebagai konsekuensi pemberlakuan kesepakatan _Asean Economic Community_ (AEC) 2015.

Di depan sekitar 400 undangan yang hadir, Koordinator  dalam pesannya  agar UMK memperkuat leadership, penguatan SDM, melakukan perbaikan tata kelola.

‘’Secara khusus kami berterima kasih kepada Yayasan Pembina (YP) UMK yang memfasilitasi pendirian dan penyelenggaraan pendidikan tinggi. Upaya ini menjadi salah satu wujud amanah UU No 12 Tahun 2012, khususnya mengenai perluasan akses pendidikan tinggi untuk pengembangan SDM di daerah.’’ Ungkap Prof. DYP

Ketua YP UMK Drs H Djuffan Ahmad dalam sambutannya usai melantik Suparnyo sebagai Rektor Pengganti Antar Waktu berharap, agar rektor baru bisa melanjutkan apa yang telah digariskan pendahulunya.

 

‘’Rektor yang baru dilantik kami harapkan bisa meneruskan dan meningkatkan apa yang telah digariskan almarhum Prof Sarjadi, demi kemajuan UMK ke depan. Sebab, keberadaan UMK diharapkan bisa ikut mengentaskan berbagai problem yang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa,’’ tuturnya.

COMMUNITY