Thursday, June 21, 2018
   
TEXT_SIZE

Konferensi Pers Dipelatihan Kehumasan

Salatiga-kopertis6.or.id. -  Pelatihan Kehumasan bagi PTS yang diselenggarakan Kopertis VI selama tiga hari, 21-23 Agustus 2014, di hotel Le Beringin Salatiga dengan narasumber Sri Mulyadi (praktisi dari Suara Merdeka), Gunawan Witjaksana dan Ali Imron, tidak hanya menyampaikan materi teori, akan tetapi juga praktek.

Dengan dibagi lima kelompok yang terdiri dari minimal sepuluh peserta, masing-masing kelompok melakukan praktek konferensi pers. Setiap peserta berbagi peran,  ada yang sebagai wartawan, ada pula yang berperan sebagai personil dari perguruan tinggi.

Gunawan Witjaksana mengatakan, yang perlu dikedepankan dalam konferensi pers meliputi tiga aspek, yaitu perihal subtansi, perencanaan dan reputasi.

“rata-rata peserta subtansinya penyelenggaraannya sudah bagus. Dari pihak  PT perlu adanya kehati-hatian dalam penyampaikan pendapat kepada awak media. Pada aspek lain, produktif dan tidak berubah kontra produktif, serta memiliki nilai berita yang menonjol.” Ungkap Gunawan.

Saran saya, lanjut Dia, sebagai petugas humas di PTS dalam melakukan konferensi pers hendaknya fokus dan variatif.

“ yaitu tadi bila menyampaikan statemen perlu adanya kehati-hatian.” tandas pria yang berprofesi dosen yang saat ini menjabat sebagai Ketua Stikom Semarang tersebut.

Sedangkan Ali Imron dalam akselerasinya mengajarkan praktek acara seremonial wisuda di perguruan tinggi.

Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto melalui Kabag. Umum, Hendradi Sulistiawan saat menutup pelatihan menyampaikan, materi  yang diperoleh selama tiga hari mengikuti pelatihan kehumasan, diharapkan dapat diaplikasikan pada saat nanti kembali di kampus masing-masing.

Pelatihan Kehumasan angkatan II diikuti 58 peserta, baik dari universitas, sekolah tinggi, institut, akademi dan Politeknik. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan