Monday, June 25, 2018
   
TEXT_SIZE

Akfarnas Akan Selenggarakan Solo Jamu Festival

Surakarta-kopertis6.or.id -  Kota Solo merupakan salah satu pusat kebudayaan Indonesia berkembang. Dengan keragaman budaya itulah nama kota Solo dikenal. Selain budaya tari, gamelan, keraton, dan masyarakatnya yang penuh tata krama dan berbudaya, kota Solo juga memiliki ROYAL HERRITAGE yang dewasa ini semakin dikesampingkan yaitu Jamu tradisional.

Akademi Farmasi Nasional Surakarta (AKFARNAS), merupakan salah satu institusi yang peduli terhadap jamu tradisional di kota Surakarta. Sebagai wujud konsistensi kami dalam bidang pengobatan tradisional, akan diselenggarakan event mengangkat jamu tradisional yang dikemas dalam bentuk festival berisikan semua olahan jamu tradisional dan juga semua perkembangan jamu yang ada saat ini.

Festival jamu yang akan diselenggarakan bertajuk “Solo Jamu Festival”. Solo Jamu Festival dikemas dalam acara yang menarik dengan tujuan untuk mengangkat kembali kota Solo sebagai pusat jamu di Indonesia. Dengan target kegiatan  lebih dari 1000 orang event ini diadakan selama dua hari 30 dan 31 Agustus 2014. Dengan kosep yang dikemas dalam 3 bentuk kegiatan yaitu Exhibition, Entertainment dan euphoria.

1.    EXHIBITION

Menghadirkan pameran produk jamu yang terbagi dalam dua segmen komersial produk (produksi brand jamu skala nasional) dan jamu rakyat yang berasal dari kelurahan di wilayah Surakarta. Dengan target 40 stand  untuk komersial dan stand jamu rakyat. Hal yang menjadikan berbeda untuk stand jamu rakyat yang  merupakan partisipasi dari kelurahan di wilayah Surakarta, nantinya akan dilombakan berdasarkan sistem voting oleh peserta yang datang pada saat acara minum jamu masal (Euphoria). Stand dengan voting terbanyak berhak mendapatkan hadiah untuk pemenang 1 dan kedua.

2.    Euphoria

Euphoria minum jamu masal merupakan gerakan minum jamu secara masal dengantarget 1000 participant melibatkan seluruh peserta beserta para komunitas yang ada di Solo di lokasi Solo Jamu Festifal 2014 yang diadakan pada Hari Minggu, 31 Agustus 2014. Serta akan diadakan pembagian doorprize.

3.    Entertainment

Untuk memeriahkan Solo Jamu Festival akan diisi oleh lebih dari 100 talent yang terdiri dari tari kolosal, band, flash mob, dance lampu, gravity, keroncong dll yang berasal dari Surakarta dan sekitarnya. Dalam kegiatan ini juga akan ditampilkan pameran poster hasil proses seleksi poster competition yang mengambil tema gerakan remaja cinta minum jamu.

COMMUNITY

Materi Pelatihan