Wednesday, February 21, 2018
   
TEXT_SIZE

PPL, Media Untuk Menjadi Guru Profesional

Surakarta-kopertis6.or.id - Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta menyerahkan mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL) kepada SMK Sahid Surakarta, Rabu (27/8). Penyerahan tersebut diterima langsung oleh Kepala SMK Sahid Surakarta, Drs.H.Naim Mabruri,M.Pd.

Sesuai keterangan yang disampaikan Dekan FKIP-UTP, Drs.Teguh Santosa,M.Pd, PPL merupakan  salah satu kegiatan yang wajib diikuti mahasiswa FKIP, guna mengasah kemampuan dibidang mengajar.

Lebih lanjut Teguh menjelaskan, kegiatan PPL periode ini akan dilaksanakan selama 2,5 bulan kedepan. Tidak kurang dari 340-an mahasiswa FKIP-UTP yang terdiri dari prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) dan Bimbingan Konseling (BK), mengikuti kegiatan PPL ini.

“Seluruh mahasiswa PPL disebar ke 34 Sekolahan baik SMP maupun SMA/SMK se Solo Raya. Diharapkan dengan kegiatan PPL ini, mahasiswa mampu mempraktikkan teknik mengajar yang baik sehingga kelak bisa menjadi guru yang professional, “ paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMK Sahid Surakarta, Drs. H. Naim Mabruri,M.Pd menjelaskan, pihaknya sangat senang dan bangga, karena SMK Sahid dipercaya untuk menjadi salah satu lokasi mahasiswa PPL. Nanti, dalam pelaksanaannya tugas  Mahasiswa PPL adalah orientasi guru. Artinya, mahasiswa PPL mulai mengenal bagaimana cara mengajar dan dipraktikkan langsung didepan kelas. Selain mengajar mata pelajaran pokok sesuai bidangnya, para mahasiswa PPL juga diberi tugas mengajar dan mengembangkan kegiatan extrakulikuler. Harapannya, dengan PPL ini para mahasiswa bisa menjadi seorang guru yang tidak hanya mendidik saja, tetapi bisa menjadi suri tauladan bagi siswanya.

Edi Purnomo,Salah satu mahasiswa PPL mengungkapkan kegembiraannya bisa mengikuti PPL ini. Menurutnya, dengan kegiatan PPL para mahasiswa bisa menambah pengalaman dalam mengajar secara langsung.

COMMUNITY