Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

Menghadapi AEC 2015, Lulusan PT Perlu Kompetensi Tambahan

Semarang-kopertis6.or.id – Pergeseran paradigma yang terjadi saat ini, menempatkan lulusan perguruan tinggi (PT) tidak cukup hanya mengandalkan IPK tinggi dalam memenangkan kompetisi berupa perolehan pekerjaan, perlu adanya kompetensi tambahan.

“Untuk memiliki kesempatan memperoleh pekerjaan, lulusan PT  tidak cukup hanya dengan mengandalkan IPK tinggi. Ada 2 (dua) ketentuan yang harus dapat dipenuhi lulusan PT, yakni  memiliki kompetensi yang terdiri dari soft skill dan hard skill. Untuk soft skill meliputi kompetensi keilmuan, sedangkan hard skill terkait dengan kompetensi tambahan. Kompetensi tambahan meliputi tiga aspek, yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama dengan orang lain, serta memiliki etika.”

Pernyataan ini disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto di depan wisudawan Akbid Abdi Husada dalam acara Wisuda ke-10, di Wisma Perdamaian, siang tadi (2/9).

Prof. DYP menambahkan, apabila hal tersebut telah terpenuhi, maka ada dua aspek lain yang akan menjadi perhatian bagi stakeholder, yaitu lulusan PT yang  diluluskan dari PT yang bermandat dan bermartabat.

Koordinator menjabarkan, bermandat aplikasinya adalah terakreditasinya oleh BAN-PT untuk progdi maupun kelembagaan, serta terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Sedangkan bermartabat memenuhi 2 (dua) kompetensi, yaitu hard skill dan soft skill.

Diberlakukannya Asean Economy Comunity  (AEC) 2015 mendatang, lanjut Koordinator, merupakan sinyal bagi lulusan maupun penyelenggara PT untuk mempersiapkan diri secara baik dengan berupaya memenuhi ketentuan terhadap aspek-aspek penting  sebagaimana saya sampaikan.

Pada akhir sambutan, Prof. DYP menyampaikan ajakan kepada wisudawan untuk selalu dan semakin berbakti kepada orang tua.

“Jika ketentuan tersebut sudah bisa dipenuhi, penyempurnaan yang harus dilakukan wisudawan  adalah selalu dan semakin berbaktilah kepada kedua orang tua.” pesan Koordinator.

Direktur Akbid Abdi Husada mengutarakan, dengan terakreditasinya progdi Kebidanan dengan nilai B oleh BAN-PT, terbuka luas bagi lulusan institusi ini untuk mendapatkan pekerjaan, baik negeri maupun swasta.

COMMUNITY