Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

Sembilan Negara Kompetitor Lulusan PT Dalam Negeri

Salatiga – kopertis6.or.id -   Wisuda merupakan momentum perpindahan bagi para wisudawan dari kampus perguruan tinggi (PT) menuju kampus masyarakat. Di kampus masyarakat nanti, lulusan PT akan dihadapkan pada kompetitor sesama lulusan PT.

“Setahun mendatang setelah Saudara diwisuda pada hari ini, keberadaan Saudara akan mengalami apa yang telah  menjadi kesepakatan anggota ASEAN berupa  Asean Economy Community (AEC), dimana Saudara sebagai lulusan Ahli Madya Akbid Ar-Rum akan berkompetisi dengan sembilan negara lain di Asean dalam memperoleh pekerjaan.

Pernyataan tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto saat menghadiri wisuda ke-5 Akbid Ar-Rum di kampus setempat, kemarin (4/9).

Ke depan, lanjut Prof. DYP, dengan diberlakukannya  AEC tersebut, Saudara diberikan kesempatan luas untuk bekerja di beberapa negara ASEAN, begitu sebaliknya lulusan dari negara lain juga diberikan kebebasan untuk bekerja di Indonesia.

Kepada wisudawati Koordinator dalam pesannya mengatakan, Saudara adalah merupakan lulusan yang berasal dari lembaga PT yang sah dan legal, selanjutnya Saudara harus bisa menunjukkan sebagai lulusan PT yang memiliki martabat.

“Martabat memiliki 2 (dua) kriteria, yaitu menguasai hard skill dan soft skill. Artinya, selain memiliki kompetensi keilmuan dibidangnya, lulusan PT harus memiliki kompetensi tambahan, seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama dengan orang lain, serta memiliki etika.” ulasnya.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Ar-Rum, Risnawati, S.SiT menginggatkan kepada wisudawati untuk terus melakukan peningkatan soft skill.

Risna berharap, wisudawati bisa menjaga amanah ketika nanti mengabdikan diri di masyarakat.

COMMUNITY