Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

Busyro Muqaddas Di UMP

Purwokerto-kopertis6.or.id - Semakin parahnya kasus korupsi yang mewarnai Indonesia, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengundang wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dr. H. Busyro Muqaddas, S. H., M. Hum untuk memberikan seminar bertemakan “Peran Keluarga, Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Pemberantasan Korupsi (2/9).

Seminar yang berlangsung di Aula A. K. Anshori dihadiri oleh Rektor UMP, dosen dan karyawan UMP, serta pimpinan-pimpinan organisasi masyarakat di Kabupaten Banyumas, membuka pola pikir tentang bagaimana mendidik generasi muda untuk menyelamatkan bangsa dengan tidak melakukan korupsi.

“ Sebagai perguruan tinggi, kami berkewajiban untuk turut serta mendidik generasi muda agar tidak turut terlibat dalam tindakan korupsi. Maka, dengan diadakannya seminar ini, semoga kita semakin sadar untuk mencetak generasi penerus bangsa yang anti terhadap korupsi.” Kata Rektor UMP, Dr. H. Syamsyuhadi Irsyad.

Dalam paparan materinya, mantan ketua KPK masa jabatan 2010-2011 itu menyebutkan, akar penyebab korupsi ada lima hal, yaitu Krisis identitas dan orientasi kemanusiaan, Kegagalan pendidikan, Lemahnya kontrol dalam keluarga, Aktualisasi agama terlalu normatif, dan  Proses-proses politik yang koruptif. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mencegah tumbuhnya akar-akar korupsi tersebut. Busyro mengajak seluruh peserta untuk membudayakan strategi menanam nilai-nilai anti korupsi dimulai dari keluarga, sekolah (perguruan tinggi) dan masyarakat.

COMMUNITY