Monday, June 25, 2018
   
TEXT_SIZE

Peringati Hari Aksara, Gelar Bazar

Kudus-kopertis6.or.id – Mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) yang tergabung dalam divisi majalah Pena Kampus (Peka) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik menggelar bazar buku, baru-baru ini.

Bazar buku di halaman Gedung U dibuka pembina UKM Jurnalistik, Zamhuri, dengan menggandeng toko buku “Kita Buka”. Berbagai buku yang ditawarkan meliputi buku ilmiah populer, wacana, sastra, kajian keislaman, hingga tips penulisan karya ilmiah.

Widi Muryono, pemilik toko buku “Kita Buka” mengutarakan, kegiatan ini diharapkan bisa mendorong lahirnya tradisi menulis dan membaca di kalangan mahasiswa. “Tradisi literasi harus diciptakan,” katanya.

Zamhuri mengutarakan, kendati digelar secara sederhana, namun kegiatan seperti ini dinilainya sangat penting bagi masyarakat akademik, yang setiap harinya bergelut dengan deretan aksara-aksara.

“Aksara yang kemudian termanifestasikan menjadi buku dan hasil-hasil kajian inilah yang mendorong perkembangan peradaban. Keberadaan kita, antara lain ditentukan dari aksara yang kita santap,’’ katanya.

Kendati lebih banyak bersinggungan dengan masyarakat akademik, terangnya, namun Hari Aksara bukanlah milik kaum akademik saja. “Hari Aksara adalah milik semua orang,” ungkapnya.

Zamhuri  menjelaskan, bahwa secara teologis, budaya literasi termaktub secara jelas dalam al-Qur’an. “Mengembangkan tradisi dan budaya literasi tidak hanya wajib dilakukan kaum akademik. Mengembangkan tradisi literasi adalah perintah agama: Iqra’,” katanya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan