Monday, February 26, 2018
   
TEXT_SIZE

ALI IMRON AL-MA’RUF DIKUKUHKAN SEBAGAI PROFESOR

Surakarta-kopertis6.or.id -  Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bertambah satu lagi Profesor yang baru-baru ini dikukuhkan, yakni Prof. Dr, Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum sebagai Profesor bidang Humaniora pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Di Kopertis VI, Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum  menempati urutan ke 62. Sedangkan di lingkup internal UMS, diurutan ke-18.

Dalam pidato pengukuhan yang berjudul Signifikasi Transentral dan Ekranisasi Sastra sebagai Potensi Industi Kreatif Dalam Perspektif Budaya Bangsa, Prof. Imron menyatakan, Sastra adalah cermin yang menjadi representasi dari realitas. Tegasnya, karya sastra mengandung empat masalah, yakni kehidupan, kematian, kemanusiaan, ketuhanan

 

“Puncak keberhasilan sebuah karya sastra adalah  bertemunya kebenaran dan religiusitas dengan estetika. Adapun urgensi sastra sebagai sumber nilai moral yang dapat mempertajam kesadaran sosial dan religiusitas pembaca.’ Kata Prof. Imron.

 Masih menurut Prof. Imron, sastra memiliki potensi untuk menjadi komuditas industri kreatif yang cukup menjanjikan. Dalam studi kasus novel Laskar Pelangi setidaknya ada tiga jenis industri kreatif yang dikembangkan dari sastra.

“Jenis industri kreatif tersebut yaitu industri kreatif bidang kesastraan, sinematigrafi, maupun musik,” tandasnya.

COMMUNITY