Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

Stikes PKU Selenggarakan Workshop dan Klinik

Surakarta-kopertis6.or.id – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta, baru-baru ini  menggelar Workshop dan KlinikPenyusunan Proposal Pengabdian kepada Masyarakat.

Workshop tersebut mendatangkan nara sumber dari Tim LPPM Universitas Muhammadiyah Surakarta Dr. KuswajiDwiPriyono, dan Totok Budi Santosa M.PH., Sejalan dengan komitmen Lembaga Penelitian Pengabdian kepadaMasyarakat (LPPM) Stikes PKU Muhammadiyah terus melakukan upaya pembenahan program pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Ketua LPPM Ida Untari M. Kes., berdasarkan Peraturan UU No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan mengemukakan, dosen wajib melaksanakan Tri Dharma PerguruanTinggi yang salah satunyaa dalah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pengabdian masyarakat merupakan kegiatan yang dapat berwujud transfer ilmu dari sebuah mata kuliah kepada masyarakat dan dapat pula berupa pemenuhan kebutuhan masyarakat. Untuk melaksanakan hal tersebut diperlukan perencanaan dan pendanaan yang terorganisasi. Salah satu bentuk perencanaan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat,  diawali dengan pembuatan proposal pengabdian kepada masyarakat. Mengingat pembuatan proposal merupakan hal yang penting dan utama untuk dilakukan, maka diperlukan kegiatan berupa Workshop dan Klinik “Penyusunan Proposal PengabdianMasyarakat” yang dapat menjembatani dosen untuk dapat melaksanakan pengabdian masyarakat yang didanai oleh DIKTI khususnya SIMLITABMAS.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyempurnakan dalam penyusunan proposal pengabdian kepada masyarakat.Lebihdari itu, LPPM juga mengemban amanat sebagai coordinator kegiatan pemberdayaan, pengabdian, dan penelitian pada masyarakat.

Disampaikan pula oleh Ketua Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta WeniHastuti M. Kes., tugas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bukan hanya diwajibkan bagi mahasiswa. Setiap dosen juga mempunyai kewajiban untuk mengabdi pada masyaraka tsesuai dengan bidang keahliannya dan harus dikoordinasikan dengan LPPM.

Materi workshop diantaranya membedah tentang Ipteks bagi masyarakat, Ipteks bagi kewirausahaan, Ipteks bagi Produk ekspor, ipteks bagi inovasi dan kreatifitas kampus dan bagi wilayah. Workshop ini diikuti olehTenaga pendidik/dosen baik dari Stikes PKU maupun dari institusi Pendidikan lain.

COMMUNITY