Sunday, February 18, 2018
   
TEXT_SIZE

1 Maret 2015 Usulan Jafa Kembali Dibuka

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id – Sebanyak 95 dosen yayasan dari berbagai PTS di Jateng. siang tadi pukul 09.00 WIB (18/2) diundang Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto untuk menerima surat keputusan (SK) kenaikan pangkat penyetaraan.

Usai menyerahkan SK, Prof. DYP dalam pengarahannya menyampaikan, tugas dosen berbeda dengan guru, selain mengajar dosen juga dituntut melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dosen adalah pendidik professional, ilmuwan, dan pribadi yang berintegritas.

“Terkait dengan penelitian yang dilakukan dosen, merupakan implikasi dari empat aspek penting,  meliputi pilar kekuatan perguruan tinggi, bukti jati diri, pengembangan karier dan kesejahteraan, maupun pengembangan profesi berkelanjutan. Perlu saya sampaikan di sini, pada  1 Maret 2015 nanti untuk pengusulan jabatan fungsional akademi (JAFA) dosen dibuka kembali.”  jelas Koordinator.

Pada kesempatan tersebut Prof. DYP juga menyampaikan informasi mengenai program penelitian Dit-Litabmas Ditjen Dikti Kemdikbud, baik mengenai Hibah Penelitian Desentralisasi maupun Hibah Penelitian Kompetitif nasional.

“Untuk hibah penelitian Desentralisasi meliputi penelitian unggulan PT, hibah bersaing, fundamental, tim pascasarjana, pekerti, desentrasi doktor, dosen pemula. Sedangkan hibah penelitian kompetitif terdiri dari penelitian unggulan strategis nasional, Riset andalan PT dan Industri, Kerjasama luar negeri dan publikasi internasional, penelitian kompetensi, strategis nasional, masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia.” Papar Prof. DYP.

Dana penelitian yang disediakan Dikti Kemdikbud, lanjut Koordinator, besarnya beragam, ada yang 100 juta, 500 juta, 1 M dan 20 M. Prof. DYP berpesan, dosen harus memiliki integritas yang diaplikasikan dalam komitmen kejujuran. “Hindari plagiat untuk karya ilmiah dan jangan selingkuh.” tandasnya.

Acara yang sama akan diselenggarakan pukul 13.00 WIB (18/2), dengan jumlah penerima SK sebanyak 99 dosen.

COMMUNITY