Thursday, June 21, 2018
   
TEXT_SIZE

Heri Hermanto dari Unsiq Raih Doktor

Wonosobo-kopertis6.or.id – Ir. Heri Hermanto, MT, salah satu dosen dari Program Studi Arsitektur Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo, resmi menyandang gelar doktor bidang Ilmu Teknik Arsitektur dan Perencanaan dengan judul desertasi ”TUNGGAL BAGENEN-BOTOLAN” SEBAGAI KESADARAN TRANSENDENTAL PADA PEMBENTUKAN PERMUKIMAN DI PEGUNUNGAN DIENG.

Heri Hermanto mempresentasikan disertasi doktoralnya tersebut, merupakan hasil riset yang dilakukan di kawasan pegunungan Dieng meliputi 15 Desa di Kecamatan Kejajar Wonosobo dan 2 Desa di Kecamatan Batur Banjarnegara. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode fenomenologi. Pendekatan fenomenologi tidak terbatas pada pemahaman fisik atas fenomena bagenen dan  botolan.  Tetapi juga mengungkap  yang ada dibalik di fenomena bagenen dan  botolan.

Dalam desertasinya disampaikan,  Pegunungan Dieng merupakan wilayah yang memiliki banyak peninggalan sejarah yang tinggi dan budaya yang unik. Masyarakat di Pegunungan Dieng telah mengalami perubahan budaya dari tradisi Jawa, Hindu, kemudian Islam. Beberapa tradisi yang ada, yakni Merdi Desa, Bebersih, NyelametiKali, Baritan, Riyoyo, Pemotongan rambut gembel, dan Tradisi  Pengajian Rutin. Sedangkan kebiasaan lokal yang sudah berlangsung sejak jaman dulu, adalah Genen, Berkumpul di rumah orang tua, dan Karing. Keadaan alam, aspek sosial, dan budaya tersebut memberikan pengaruh pada wujud permukimannya.

Disertasi Heri meraih predikat lulus sangat memuaskan pada Sidang Terbuka Promosi Doktor di Fakultas Teknik UGM Jogjakarta (26/2)  dengan Promotor Prof. Ir. Achmad Djunedi, MUP., Ph.D dan Ko-Promotor Prof. Ir. Sudaryono, ME.Eng. Ph.D. Sedangkan Dewan Penguji dari UGM Jogjakarta, terdiri dari Ir. Subaryono, MA.Ph.D. (Ketua) DR. Ir. Ahmad Sarwadi, M.Eng., M. Sari Royhansyah, M.Eng.D.Eng., Ardyha Nareswari., M.Eng. Ph.D serta Ir. Iwan Sudrajat, MSA., Ph.D dari Institut Teknologi Bandung

COMMUNITY

Materi Pelatihan