Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Jus Susu Jagung “Jusugung” Dari Tugas Menjadi Untung

Purworejo-kopertis6.or.id. Tim Mahasiswa semester 2 angkatan 2014/2015 STIE Rajawali Purworejo berhasil membuat karya inovatif dari jagung. Tim yang terdiri dari arif bangun suparjo, Soeharti, Victoria andriani, Maria Rubenia, Siti jubaeda, Nanda Primadita dan Hendarto Bagus berhasil membuat racikan minuman sehat berbahan dasar campuran susu dan jagung.

Ide usaha ini dimulai dari tugas mata kuliah kewirausahaan yang diampu Hesti Respatiningsih, SE, M.Par. Metode pembelajaran kewirausahaan melalui program  ini, diharapkan dapat meningkatkan kepekaan dan kreativitas dalam mengatasi masalah yang berkembang di masyarakat dan mencari solusi yang tepat, serta inovasi terhadap  usaha kreatif dalam memenuhi kebutuhan dan selera masyarakat.

Mengusung merek “Jusugung” yang merupakan kepanjangan dari Jus Susu Jagung, produk ini langsung diapresiasi positif oleh masyarakat. “Jusugung” merupakan terobosan baru yang mengolah potensi lokal jagung yang dicampur dengan susu dan gula.  Produk ini belum memiliki pesaing.  Kehadiran “Jusugung” memiliki kesempatan menembus pasar dengan menghadirkan keunikan dan inovasi baru pada produk jus, yaitu  menggunakan bahan dasar jagung, bermanfaat bagi kesehatan, harga terjangkau,  tanpa bahan pengawet.  Oleh karena itu, “Jusugung” mempunyai kesempatan dan kekuatan untuk memasuki pasaran dengan mengandalkan keunggulan, manfaat, serta pelayanan yang maksimal.

Uji coba pasar yang masuk dalam metode pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan berhasil baik. Terbukti belum genap 1 bulan dipasarkan, jusugung telah berhasil menjual lebih dari 1000 botol dengan harga jual Rp 5.000,- per botolnya. Uji coba pasar dilakukan dengan, promosi produk melalui penyebaran brosur dan iklan di media sosial (Facebook jusugung, Twitter, BBM, dan Whatsapp), penjualan produk pada event car free day  setiap hari minggu di alun-alun besar Purworejo, festival rebana serta lomba mewarnai anak yang diadakan oleh Radio Fortuna FM Kutoarjo.

COMMUNITY

Materi Pelatihan