Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

14 Mahasiswa Stikes PKU Study Visit di KKU Thailand

Solo-kopertis6.or.id- STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta  mengirim mahasiswa berprestasi untuk mengikuti program Study Visit ke Khon Kaen University Thailand. Study visit yang dilaksanakan dari tanggal 11 hingga 20 Agustus 2015 tersebut,  diikuti  14 mahasiswa,  4 orang mahasiswa dari program diploma III Keperawatan, sedangkan  10 orang mahasiswa berasal dari S1 Ilmu Gizi.

Anis Prabowo SKM selaku dosen pendamping, dari Khon Kaen University mengabarkan, di hari pertama dan kedua mahasiswa melaksanakan berbagai kegiatan. Rombongan di sambut langsung oleh Dr. Somsak Pitaksanurat Pimpinan Public Health Faculty Khon Khaen University Thailand, dilanjutkan  kuliah dengan materi Kesehatan gizi di Thailand yang disampaikan oleh Dr. Pattara Saenchaisuriya Departemen Gizi KKU, serta observasi di perpustakaan dan laboratorium di Public Health Faculty Khon Khaen University Thailand.

Ketua STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti, selaku penanggung jawab utama program ini menyampaikan,  kegiatan study visit ke Khon Kaen University ini memiliki banyak tujuan. “Tujuan jangka dekat yang bisa diraih adalah mahasiswa akan terbangun kepercayaan dirinya untuk berani bergaul dan berinteraksi dengan mahasiswa dan komunitas lain di luar negeri.” paparnya

Selain mendapat tambahan pengetahuan dan ketrampilan dari Negara yang dikunjungi, lanjut Weni, mereka berkesempatan belajar tentang culture, attitude, dan juga toleransi terhadap budaya maupun keyakinan yang berbeda. “Hal itu merupakan bekal utama yang dibutuhkan dalam menghadapi era globalisasi yang saat ini sedang digelorakan, termasuk akan datangnya era Masyarakat Ekonomi Asean pada akhir 2015 ini”, tandaasnya.

Lebih lanjut Weni Hastuti menambahkan, mengingat Khon Kaen University of Thailand ini merupakan Top Three university di Thailand dan juga sudah terdaftar dalam ranking universitas dunia, diharapkan jangka panjangnya akan terbangun kepercayaan terhadap STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, sehingga memudahkan untuk terjadinya transfer of knowledge, transfer of technology, bahkan beasiswa studi lanjut bagi dosen maupun alumni yang telah lulus untuk mengikuti program master maupun doktoral di sana.

COMMUNITY

Materi Pelatihan