Tuesday, April 16, 2024
   
TEXT_SIZE

Unpand Jalin Kerjasama Dengan Pemkot Jepara dan BEF



Semarang-kopertis6.or.id – Universitas Pandanaran (Unpand) belum lama ini  melakukan MoU dengan Pemda Jepara dan Blue Ekonomi Foundation (BEF). Penandatangan kerjasama ditandatangani Ir. Djoko Saryono, M.Sc selaku rektor Unpad, dan Ahmad Marzuqi selaku Bupati Jepara, Dewi Samaragdina dari BEF.

Kerjasama tersebut mengenai blue economy, dimana tujuannya adalah meningkatkan ekonomi berwawasan lingkungan. Inti kesepakatan,  siap membangun sinergitas bersama, mempromosikan dan menyosialisasikan, serta mengimplementasikan konsep pemahaman Ekonomi Biru (Blue Economy).

Penandatanganan dilaksanakan di Ruang Rapat I Setda, oleh Bupati Jepara atas nama Pemkab Jepara selaku pihak pertama, Dewi Samaragdina dari BEF  selaku pihak kedua serta dari Universitas Pandanaran yang dilakukan rektor, Djoko Saryono, Kamis (23/6).

Djoko Saryono mengatakan, ekonomi berwawasan lingkungan menjadi isu berkembang saat ini. Sebagaimana  ditegaskan  Presiden Joko Widodo di hadapan rektor se-Indonesia di Yogyakarta, memasuki era MEA dan global, ekonomi berwawasan lingkungan sangat menentukan.

“Ujungnya adalah daya saing dan kemudahan kecepatan perijinan menjadi prioritas utamanya. Terkait hal ini, perlu adanya ekonomi kawasan yang memadukan sinergitas antara  perguruan tinggi, pemerintah, serta dunia usaha/industri.” jelas rektor  

Dia menambahkan, perlunya sinergitas juga dipertegas oleh Menristek dengan istilah hilirisasi. Yaitu tidak boleh lagi ada “sektoral” apalagi “ego”, tetapi yang harus dilakukan adalah “bersinergi”.

“Penandatanganan yang kita lakukan saat ini juga dapat dimaknai “bersinergi”.  Inilah waktu untuk melakukan sinergitas dengan  memanfaatkan momentum keterbukaan dalam menyikapi globalisasi ekonomi 2020 mendatang,” katanya.

Dewi menjelaskan,  pemahaman Ekonomi Biru (Blue Economy) merupakan perkembangan dari Green Economy. Intinya adalah ramah lingkungan dengan melibatkan peran serta masyarakat.

“Dalam perjanjian ini pihaknya hanya akan mengkaji apa yang telah dilakukan. Selanjutnya akan ditingkatkan dan dikembangkan. Atau denagn katan lain,  valuenya ditingkatkan tanpa meninggalkan kebutuhan lokal. Penandatangan kerjasama dengan Pemkab Jepara ini sendiri tercatat yang ke tiga kalinya dilakukan. Dimana sebelumnya BEF  telah nelakukan MoU dengan Propinsi Jawa Timur dan Malang.” papar Dewi

Bupati Jepara sangat apresiasi atas kebersamaan ini. Pemkab sangat menyambut baik kerjasama pengembangan dan peningkatan ekonomi berwawasan lingkungan, sebagaimana tertuang dalam Penandatanganan bersama.

“Pada dasarnya Pemkab Jepara juga sangat terbuka untuk kerjasama dengan seluruh perguruan tinggi maupun pihak terkait. Termasuk dengan Universitas Pandanaran dan Blue economic foundation. Karena Kabupaten Jepara memiliki kawasan pesisir yang luas dan telah menjadi urat nadi perekonomian. ” ucap Ahmad Marzuqi.

COMMUNITY

Materi Pelatihan