Sunday, December 16, 2018
   
TEXT_SIZE

Mandi Laut Tradisi Calon Taruna-Taruni Stimart AMNI

Semarang-LLDIKTI Wilayah VI – Sebanyak 739 calon taruna dan taruni angkatan 56 Stimart AMNI Semarang mengikuti upacara mandi laut di pantai Marina, dengan inspektur upacara Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Kolonel Laut Hari Triwibowo, Minggu (5/8)

Dalam pengarahannya usai melakukan penyiraman air dari tujuh sumber mata air kepada dua wakil calon taruna-taruni, Hari mengatakan bahwa mahasiswa kemaritiman dituntut memiliki disiplin tinggi, bertangungjawab dan mampu bekerja secara timwork.

“Jika nanti sudah lulus, para calon taruna-taruni ini akan bekerja di bidang kemaritiman maupun di kapal, sehingga butuh disiplin tinggi dan bekerja secara timwork.” ungkapnya

Ia menambahkan, upacara mandi laut ini rangkaian dari kegiatan masa dasar pendidikan mental dan pembentukan karakter bangsa  yang berlangsung selama seminggu di komando latihan TNI AD Bantir, Sumowono.

“Calon taruna-taruni kita berikan pelatihan bela negara, kedisiplinan dan kerjasama tim agar menjadi taruna yang tangguh. Kami memiliki tanggungjawab melatih mereka dalam upaya membentuk jiwa yang kuat dan tangguh, begitu pula mengenai pengetahuan kemaritiman.” papar Danlanal   

Kepada para calon taruna-taruni Hari berharap semoga mereka dapat menjadi bagian untuk mendukung program pemerintah, dimana Indonesia sebagai salah satu pusat maritim dunia.

Tampak hadir Ketua Stimart AMNI, Ir Siswadi MT, Pjs Pembantu Ketua III Lilik Budianto, dan jajaran lainnya. Menurutnya, dengan masa dasar pendidikan mental dan pembentukan karakter bangsa, dapat menjadi dasar untuk penguatan mental anak didik, sehingga memiliki pola pikir kuat dan bertanggungjawab. “Seorang pelaut, butuh jiwa dan kekuatan mental yang tangguh.”tegas Siswadi.

Disampaikan oleh Siswadi,  usai menjalani pendidikan dasar para calon taruna dan taruni akan menjalani masa orientasi atau pengenalan kampus selama satu minggu, sebelum memasuki masa kuliah.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan