Sunday, December 09, 2018
   
TEXT_SIZE

Dua Profesor Baru Produk Perdana SIJAGO

Semarang-LLDIKTI Wilayah VI –  Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah, Prof. Dr. H. DYP. Sugiharto, M.Pd.Kons, kemarin siang (8/8) menyerahkan SK Profesor dari Menristekdikti kepada Dr. Intiyas Utamai, SE.M.Si,Akt, dosen tetap yayasan UKSW Salatiga dalam bidang ilmu Akuntansi dengan jumlah angka kredit 852 kum, serta Dr.H.Tjipto Subadi, M.Si dosen tetap yayasan UMS dalam bidang ilmu Pendidikan Ilmu Sosial dengan angka kredit 867 kum.

“Pengusulan Profesor tidak lagi melalui mekanisme pengumpulan berkas maupun tatap muka atau datang langsung ke LLDIKTI. Saat ini tidak lagi konvensional, karena proses yang kami lakukan 100% online. Dua Profesor tersebut merupakan produk perdana kami yang dilakukan melalui Sistem Informasi Jafa Go On-Line atau yang dikenal dengan SIJAGO.” ungkap Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng.

Menurutnya, diterimanya SK Profesor khususnya bagi Dr.H.TJipto Subadi, M.Si merupakan anugerah yang perlu disyukuri disaat dirinya menjelang masa purna tugas (pensiun). “Dengan diterimanya SK Profesor, maka usia pensiun beliau bertambah lima tahun. Namun demikian, seandainya SK Profesor baru diterima setelah pensiun, maka yang bersangkutan harus berstatus NIDK.” paparnya.

Pada kesempatan tersebut Prof.Dr.H. DYP. Sugiharto, M.Pd.Kons menekankan empat hal kepada penerima SK, yakni yang meliputi terkait batas usia pensiun Profesor hingga usia 70 tahun, dapat melakukan pengusulan golongan hingga IV/d, mendapatkan hak berupa tunjangan Profesor, serta memiliki kewajiban menghasilkan karya ilmiah terakreditasi internasional bereputasi.

“Kami berpesan semoga keberhasilan Ibu Intiyas Utami dan Bapak Tjipto Subadi dapat menyebarkan virus kebaikan serta mampu memotivasi bagi dosen lain. Kami juga berharap keberhasilan tersebut akan menjadi penguat atmosfir akademik di masing-masing perguruan tingginya.” katanya

Sementara itu, rektor UMS Dr. Sofyan Anif, M.Si yang juga hadir dan diundang untuk menerima SK Profesor Dr.H.Tjipto Subadi, M.Si menjelaskan dengan bertambahnya satu Profesor, jumlah dosen penyandang jabatan fungsional akademik Profesor di UMS saat ini ada 24 orang.

“Target kami di 2021 akan melakukan pengajuan Profesor, khususnya bagi dosen yang sudah lama dalam jabatan Lektor Kepala termasuk saya sendiri.” aku Dr. Sofyan Anif, M.Si.

Sedangkan di lingkup LLDIKTI Wilayah VI Jateng jumlah Profesor saat ini sebanyak 73 orang, terdiri dari 29 Profesor berstatus dosen PNS dan 44 Profesor berstatus sebagai dosen tetap yayasan.

Tampak gambar : Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng Prof.Dr.H.DYP. Sugiharto, M.Pd.Kons saat foto bersama dengan Prof.Dr. Intiyas Utamai, SE.M.Si,Akt dan Prof. Dr.H.Tjipto Subadi, M.Si

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan