Wednesday, March 20, 2019
   
TEXT_SIZE

Pelatihan BTCLS 119 Stikes Kusuma Husada Sukses

Solo-lldikti6.ristekdikti.go.id – Penyelenggaraan Pelatihan BTCLS 119 yang digelar selama 14 Februari 2019 s.d. 17 Februari 2019 oleh Progdi D3 Keperawatan Stikes Kusuma Husada diikuti 106 peserta, baik dari internal maupun eksternal.

Menurut Kaprogdi Keperawatan Stikes Kusuma Husada Meri Oktariani, selama empat hari tersebut peserta akan digembleng ilmu gawat darurat, serta mendapatkan ilmu penanganan pasien yang mengalami kondisi gawat darurat emergency.

“Peserta akan digembleng tim instruktur 119, dimulai dari tahapan dasar basic perawat Gawat Darurat hingga simulasi akhir bencana missal.” ungkapnya saat membuka acara di kampus 2.

Dijelaskan oleh Meri bahwa pelaksanaan pelatihan BTCLS 119 dimulai dengan proses pre-test, selanjutnya pemberian ilmu pembelajaran teori selama dua hari, berlanjut pelatihan praktek dari initial assessment, Code Blue, Balut Badai, evakuasi, EKG, RJP, dan diakhiri dengan proses simulasi dalam bencana missal.

Iqbal salah satu admin dari instruktur BTCLS 119 menambahkan, pelatihan gelombang pertama peserta lulus semua, baik dalam ujian teori maupun praktek dan ujian simulasi.

Pasca pelatihan ini mahasiswa progdi D3 Keperawatan Stikes Mambaul Ulum akan menjalani praktek klinik keperawatan untuk KTI yang akan berlangsung di Rumah Sakit  Pendidikan, baik di wilayah eks Karesidenan Surakarta maupun Rumah Sakit di luar kota Solo.     

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan