Thursday, June 21, 2018
   
TEXT_SIZE

PERGURUAN TINGGI HARUS BISA MENGIKUTI PERUBAHAN

Bendan Nduwur, 12/12 – “Perubahan yang terkait dengan  perguruan tinggi (PT) sangat cepat, termasuk di dalamnya mengenai regulasi atau kebijakan pemerintah, diantaranya mengenai akan diberlakukannya Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yakni penyelarasan progdi dengan kebutuhan kerja.

Hal tersebut agar menjadi perhatian bagi penyelenggara PT, selanjutnya langkah yang perlu diambil yakni ada upaya membekali peserta didik dengan kompetensi. Dengan demikian, lulusan PT tidak hanya memperoleh ijazah, akan tetapi juga kompetensi sesuai dengan persyaratan pekerjaan. Pada aspek lain, akreditasi Program Studi diupayakan meraih nilai B, karena persyaratan  untuk bisa diterima bekerja di institusi, baik pemerintah maupun swasta, pada umumnya menerapkan persyaratan minimal nilai tersebut. Sedangkan terhadap keberlangsungan eksistensi lembaganya, hendaknya penyelenggara PT mengupayakan dosen tetap minimal berijazah S2, agar dapat memenuhi sebagaimana diatur dalam PP. 19 Tahun 2005.    

            Demikian disampaikan Koordinator Kopertis VI, Mustafid, usai memberikan Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi kepada 15 PTS di  Jawa Tengah, di kantor setempat.

            Selanjutnya Dia menegaskan, “PT perlu pandai-pandai mendesain dan memformulasikan sesuatu, agar pendidikan tinggi bisa match dengan  dunia kerja. Untuk itu, momentum menjelang pergantian tahun, oleh masing-masing PT dijadikan ajang evaluasi diri sebagai refleksi akhir tahun, salah satunya dengan melakukan akselerasi melalui pendesainan renstra/renop untuk tahun depan.

            Adapun penerima SK Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program studi sebanyak 15 PTS, masing-masing adalah UMS untuk Progdi Ilmu Hukum (S3), Pendidikan Geografi (S1), Pendidikan Dokter (S1), Profesi Ners (Profesi). Universitas Muria Kudus (UMK), untuk Progdi Manajemen (S2), Ilmu Hukum (S1). Universitas Pekalongan, untuk Progdi Fisioterapi (D3), Universitas Veteran Bangun Nusantara, untuk Progdi Pendidikan Bahasa Indonesia (S2), Universitas Pandanaran, untuk Progdi Manajemen, Akuntansi, Arsitektur (S1), Teknik Kimia (D3), Universitas Muhammadiyah Purworejo,  untuk Progdi Pendidikan Matematika (S1), Universitas Stikubank, untuk Progdi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, Sastra Inggris, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi (S1), Universitas Boyolali, untuk Progdi Teknik Mesin, Peternakan, Teknik Informatika, Manajemen (S1), Mesin Otomotif (D3), STMIK Widya Utama, untuk Progdi Sistem Informasi (S1), STIKES Ngudi Waluyo, untuk Progdi Ilmu Gizi (S1),STIKES Muhammadiyah Kudus, untuk Progdi  Ilmu Keperawatan (S1), Keperawatan dan kebidanan (D3), ATS, untuk Progdi Teknik Mesin (D3), Akademi Peternakan Karanganyar, untuk Progdi Produksi Ternak (D3), Akademi Keperawatan 17 Karanganyar, untuk Progdi Keperawatan (D3), serta yang terakhir Politenik Indonusa, untuk Progdi Komunikasi Massa (D3).

COMMUNITY

Materi Pelatihan