Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

Mahasiswa Harus Kreatif Dalam Penalaran

Salatiga – Kopertis VI menyelenggarakan Pelatihan Kreativitas Mahasiswa angkatan I dan II, masing-masing diikuti 50 peserta dari PTS di Jawa Tengah. Kegiatan  berlangsung selama 4 hari, dari 28/2 s.d. 2/3, berlangsung di Hotel Le Beringin dan Hotel Grand Wahid, dengan nara sumber Prof. Mustafid, Prof. Harun Joko Prayitno, Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, Tyas Catur Pramudi, M.Kom, Djoko Setijowarno, MT.

            Dalam sesinya yang bertajuk Motivasi dan Penalaran di bidang kemahasiswaan, Prof. Mustafid menggaris bawahi, terkait dengan penalaran akan bisa terwujud jika ada ide yang dikemas bersama dosen pembimbing. Mahasiswa perlu senantiasa kreatif atau memiliki daya nalar, serta sensitif menyoroti hal-hal yang berkembang saat ini.

            Isu terkini yang banyak diperbincangan oleh kalangan perguruan tinggi yakni mengenai kecerdasan holistic, terdiri dari soft skill, pendidikan karakter, kewirausahaan.

Menurut Dia, ada empat aspek penting yang harus dipenuhi oleh para lulusan perguruan tinggi, yakni knowledge (ilmu pengetahuan), skill tingking (kreativitas bernalar), Manajemen skill (memanaj diri sendiri untuk melakukan sesuatu hal), serta komunikasi skill.

Dia menambahkan, di era persaingan diberbagai hal harus bisa memiliki sesuatu yang berbeda untuk dikemas menjadi sebuah keunggulan atau keunikan. Dalam konteks inilah, peran mahasiswa harus bisa mengenali  kemampuan terhadap potensi diri. Selanjutnya, bagaimana mengemas potensi  diri tersebut, agar memiliki kecerdasan holistik, intelektual, emosional, maupun spiritual.

Usai memberikan materi, Prof. Mustafid, meluangkan waktu kepada peserta pelatihan untuk sesi tanya jawab.  

COMMUNITY