Friday, December 14, 2018
   
TEXT_SIZE

DI ERA GLOBAL “OJO GUMUNAN”

Salatiga – “Menangani masalah, mengembangkan, berkreasi, merupakan cirri-ciri orang terdidik, dengan berprinsip pada tidak ada kata gagal, dan senantiasa mencari solusi”.

            Pernyataan tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. Mustafid, saat memberikan materi Pelatihan Pembuatan Portal E Journal yang berlangsung di Hotel Wahid Salatiga, terdiri dua angkatan (12-14/3).

            “Jurnal merupakan sarana publikasi ilmiah secara periodik. Pada saat ini yang perlu diperhatikan bahwa jurnal memiliki cirri karya asli apa tidak, setelah itu baru menyangkut bobot keilmuan. Adapun isi dari jurnal merupakan temuan-temuan dari suatu masalah. Jurnal yang berbobot mempublikasikan hal-hal yang sifatnya aktual. Dosen perlu membudayakan akses jurnal internasional, sehingga keberadaannya di era global ora gumunan”, ungkapnya.

            Dosen memiliki kewajiban upload publikasi jurnal ilmiah untuk pengajuan jabatan fungsional akademik. Pada sisi lain, mengacu surat edaran Dirjen Dikti 2012, publikasi jurnal ilmiah diperuntukkan bagi S1, jurnal nasional terutama jurnal terakreditasi S2, serta publikasi jurnal ilmiah internasional bagi S3.

            Prof. Mustafid menambahkan, ciri perguruan tinggi (PT) modern bukan berdasarkan banyaknya koleksi jurnal/buku yang menumpuk di perpustakaan, tetapi lebih pada adanya aktivitas belajar, mengakses internet untuk mengetahui perkembangan di era global.

            Dia berharap, usai pelatihan ini peserta sudah bisa membuat portal E Journal dari materi yang diberikan oleh para narasumber.

            Selain Prof. Mustafid, narasumber lain yaitu Prof. Andreas Lako dengan materi “Aspek Krusial Dalam Pengelolaan E-Journal”, Ferdy S. Rondonuwu, dengan materi “Karakteristik Jurnal Elektronik dan Gaya Selingkuh”, Fitro Nur Hakim dengan materi “Membangun Portal Digital Librari”, Mardi Siswo Utomo dengan materi “Implementasi Open Journal System”.

COMMUNITY

Materi Pelatihan