Monday, June 25, 2018
   
TEXT_SIZE

KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT AKBID ABDI HUSADA

Dalam rangka mencapai kompetensi bidan, sebanyak 103 mahasiswa semester VI Akademi Kebidanan Abdi Husada Semarang mengadakan kegiatan praktek kebidanan komunitas di wilayah Kelurahan Sumur Rejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Kegiatan yang berlangsung 8 s.d. 20 Maret tersebut merupakan aplikasi dari mata kuliah Asuhan Kebidanan V yang meliputi kegiatan pratek, diantaranya Gerakan Sayang Ibu (GSI), Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), senam lanjut usia, kegiatan posyandu balita, penyuluhan remaja dan senam lansia.

Direktur Akademi Kebidanan Abdi Husada Semarang Dra. Tatik Indrawati, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka melaksanakan dharma ke-3 Tri Dharma Perguruan Tinggi,  institusi pendidikan tinggi yang dipimpinnya selama ini telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk praktek kebidanan komunitas di Kecamatan Gunungpati selama 4 kali, dengan sasaran kegiatan Kelurahan Ngijo, Kalisegoro, Patemon  dan Sumur Rejo. Pernyataan yang disampaikan dalam Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) yang berlangsung di Balai Pertemuan Kelurahan tersebut disambut gembira oleh Kepala Kelurahan Sumur Rejo, Drs. Setyo Budi, SE, karena kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh para mahasiswa Akademi Kebidanan Abdi Husada momentumnya sangat tepat dan sangat mendukung terutama dalam rangka persiapan mengikuti lomba desa sehat dan memajukan kemandirian masyarakat dalam hal kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, dari pihak mahasiswa juga menyampaikan Plan Of Action (POA) yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan senam lanjut usia, penyuluhan tentang kanker serviks dan deteksi dini menggunakan pap smear dan IVA, Peyuluhan Keluarga berencana, penyuluhan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja (KRR) dan bahaya merokok serta kerja bakti pemberantasan jentik nyamuk.

Acara Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) ditutup dengan penyerahan seperangkat komputer dan printer yang diberikan perwakilan mahasiswa praktek untuk mendukung kinerja kelurahan Sumur Rejo.

Seperti kita ketahui, Akademi Kebidanan Abdi Husada Semarang yang berdiri sejak 2002 telah terakreditasi dengan kualifikasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi ini merupakan bentuk legalitas seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun  2005 tentang Standar Nasional Pendididkan, pada Pasal 91 yang menyebutkan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan non formal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Sedangkan pada Pasal 87 ayat (1) butir b menyebutkan, akareditasi oleh Pemerintah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 86 ayat (1) dilaksanakan oleh  BAN-PT terhadap program dan/atau satuan pendidikan jenjang pendidikan tinggi sebagai bentuk akuntabilitas publik.

COMMUNITY

Materi Pelatihan