Wednesday, June 20, 2018
   
TEXT_SIZE

Jadikan MIPA Sebagai Fakultas Penting

Sidodadi -  “Bidang Matematika dan IPA (MIPA) mendasari bidang saint dan teknologi lain, maka saya berharap, masyarakat Indonesia termasuk dunia pendidikan tinggi, menjadikan fakultas MIPA menjadi fakultas yang sangat penting. Selama ini,  dunia pendidikan khususnya PTS, memang belum banyak mahasiswa yang memilih bidang MIPA”.

            Pernyataan tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. Mustafid, saat membuka lomba Olimpiade Nasional Matematika dan IPA (ON MIPA), diikuti 243 orang  peserta dari tujuhbelas perguruan tinggi (PT) se Jawa Tengah, berlangsung di Kampus IKIP PGRI Semarang, selama dua hari (11-12/4).

            “Fungsi bidang MIPA menjadi sangat penting bahkan menjadi sangat vital untuk pembangunan bangsa Indonesia. Kita memahami, anak-anak dari tingkat SD hingga PT, sebenarnya memiliki kemampuan kepakaran di bidang MIPA cukup tinggi. Mereka merupakan anak bangsa yang senantiasa kerap kali mempersembahkan medali emas diajang olimpiade internasional. Dari sinilah sebenarnya menunjukkan bahwa kemampuan anak bangsa luar biasa, tinggal bagaimana kita memanaj”, katanya.

            Prof Mustafid menambahkan, Olimpiade ini bukan sebagai proses akhir, tetapi adalah proses awal untuk melakukan kreativitas. Sebab, ke depan ujung-ujungnya adalah para mahasiswa harus memiliki atau menjadi profesional sebagai ilmuan, khususnya ilmu-ilmu dasar sebagai pengembangan sains yang lain .

            Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Rektor IKIP PGRI, Muhdi,  dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih  bahwa lembaganya mendapatkan kehormatan sebagai tempat penyelenggaraan ON MIPA 2012. Kepada peserta, dirinya mempersilahkan menggunakan fasilitas yang ada selama berlangsungnya lomba.

            Dia berharap, ajang ini dapat menghasilkan calon juara, tidak sekedar di tingkat nasional, akan tetapi di tingkat internasional.

            Materi soal meliputi Matematika (Analisis Real, Kombinatorika, Analisis Komplek dan Struktur Aljabar, Aljabar Linier), Kimia (Kimia Fisika, Kimia Anorganik, Kimia Organik, Kimia Analitik), Fisika (Mekanika Klasik, Elektrodinamika, Termodinamika & Fisika stabstik), Biologi (Kimia dalam Kehidupan, Biologi sel, Genetik & Biologi Molekuler, Botani, Zoologi, Mikrobiologi, Ekologi dan Evolusi.

COMMUNITY

Materi Pelatihan