Monday, June 25, 2018
   
TEXT_SIZE

UMS RAIH JUARA I MAWAPRES

Bendan Dhuwur -  Melalui presentasi karya tulis ilmiah  berjudul “Model Pengentasan Kemiskinan Berbasis Fungsi Masjid sebagai Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pusat Inkubator Bisnis Berbasis Syariah di Indonesia”, berhasil mengantarkan Muhammad Williams Rahaditama wakil dari UMS, meraih juara I Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Tingkat Kopertis VI yang berlangsung di kantor setempat (23/4).

            Williams mengatakan, presentasi yang dilakukan tadi pada intinya memberikan suatu ide tentang pengentasan kemiskinan yang dimulai dari Masjid dengan mekanisme ekonomi syariah, yaitu melalui lembaga pemberdayaan ekonomi serta perusahaan bisnisnya, katanya.

            Menanggapi  keberhasilan Williams tersebut, Bagus Priyatno, MT salah satu tim juri Mawapres mengatakan, untuk ajang ini peserta harus komprehenship.

“Aspek yang dinilai cukup beragam, diantaranya menyangkut karya tulis yang dipresentasikan, keragaman ko dan ekstra kurikuler yang pernah diikuti, penguasaan bahasa inggris maupun kepribadian.   Terhadap Ko dan ekstra kurikuler, indikator ada surat tugas, sertifikat, piagam maupun bukti lainya. Untuk mengumpulkan hal-hal semacam ini tentunya perlu waktu lama. Sehingga, bagi PTS yang ingin mengirimkan wakilnya di ajang ini, perlu perlu persiapan paling tidak dua tahun lamanya”  ungkap Bagus.

Dia menambahkan, bagi peserta Mawapres yang pernah mengadakan seminar tingkat nasional maupun internasional, terlebih apabila keberadaannya selaku pembicara, akan memperoleh nilai tinggi dari juri.

Kepada para juara, Koordinator Kopertis VI, Prof. Mustafid menyampaikan ucapan selamat dan berpesan  untuk menjaga tradisi “terbaik pada skala nasional sebagai juara. Dengan demikian, mahasiswa wakil dari Jateng bisa disejajarkan dengan mahasiswa perguruan tinggi pelopor termasuk PTN, sehingga tidak ada istilah dikotomi lagi.

Ajang ini untuk juara II diraih Cristina Vania Utami (UNIKA), juara III diraih Atiya Mahmud Hana (Unissula).

Kepada juara I, II, III selain mendapatkan Tropy, piagam dan uang pembinaan dari Koordinator Kopertis VI, juga berhak mewakili PTS di Jawa Tengah di tingkat Nasional.   

Secara menyeluruh hasil untuk ajang yang lain adalah sebagai berikut, Dosen Berprestasi, juara I Dr. Angelina Ika Rahutami (Unika), juara II Dr. Mutamimah (Unissula), juara III Dr. Wiranto Herry Utomo (UKSW); Ketua Program Studi Berprestasi, juara I Dr Bistok Hasiholan Simanjuntak (UKSW), juara II Robert Rianto Widjaja, MT (Unika), juara III Abdul Rochim, MT (Unissula); Pustakawan Berprestasi, juara I Dra. Siti Nuzilah (UMS), juara II Rikarda Ratih Saptaastuti, S.Sos (Unika), juara III Darmanto, M.Hum ( UKSW ); Laboran Berprestasi, juara I Tri Hannanto Saputra, A.Md. (Pol ATMI), juara II Ratih Setyaningrum, MT (Udinus), juara III Mardi Siswo Utomo, M.Cs. (Unisbank), Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi, juara I Setyo Budi S.Kom (Udinus), juara II Fx. Haryanto, S.Pd (UKSW), juara III Adityo Wibowo, M.Eng ( Unissula ), Pengelola Keuangan Berprestasi, juara I Indah Setiawati, S.Pd (Unissula), juara II Lina Yulianti, SE (Udinus), juara III, Atik Khrisnawati Mardiatma, S.Si (UKSW).

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan