Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

PT Wajib Memiliki Portal E_Jurnal

Seiring dengan tuntutan kebutuhan, keberadaan perguruan tinggi harus bisa menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi saat ini khususnya terkait dengan kepemilikan teknologi informasi berupa internet.

            “Manfaatkan internet untuk keperluan civitas akademik seperti publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa. Untuk itu, setiap perguruan tinggi (PT) diwajibkan memiliki portal E Jornal,”.

            Hal  tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. Mustafid saat membuka acara Pelatihan Pembuatan Portal E Jurnal yang diikuti 50 orang peserta dari PTS di Jawa Tengah, berlangsung selama empat hari di Hotel Wahid Salatiga, baru-baru ini.

            Dia menegaskan, bagi Saudara yang diberi tanggungjawab oleh masing-masing lembaganya untuk menangani Portal E Jurnal, Saudara memiliki kewajiban harus dapat membuat pengisian, serta mengenal betul sebuah karakter  jurnal, ungkapnya.

            Sedangkan dalam pemberian materi yang bertajuk “Pengembangan Information and Communications Tecnology (ICT) di PT”, Prof. Mustafid menekankan  perlunya proses pembelajaran berbasis ICT.

            “Era sekarang ini sistem pembelajaran harus berbasis ICT, sehingga dalam konteks ini mahasiswa perlu dibiasakan menggunakan ICT. Bagi lembaga PT, ICT juga dapat difungsikan sebagai penyampaian terhadap parameter kualitas lulusan.” jelas Prof. Mustafid.   

            Terkait dengan urgensi jurnal, Dia menganggap subtansi karya ilmiah masih sangat rendah. Padahal seseorang untuk mendapatkan ijazah kesarjanaan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi yakni membuat artikel atau makalah ilmiah secara on line guna menghindari adanya plagiat.

COMMUNITY