Tuesday, June 19, 2018
   
TEXT_SIZE

UU PT Baru Perlu Disikapi Secara Positif

Bendan Nduwur – Isu terkini mengenai Undang-Undang Perguruan Tinggi yang baru, disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. Mustafid, saat memberikan pengarahan usai menyerahkan SK Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi kepada 27 pimpinan PTS di Jawa Tengah (9/8).

“Undang-undang Pendidikan Tinggi yang baru saat ini sudah disahkan DPR, tinggal menunggu ditandatangani Presiden. Kedepan, apabila UU Pendidikan Tinggi diberlakukan hendaknya disikapi secara positif oleh penyelenggara perguruan tinggi (PT) dengan mencermati isi dari UU tersebut”, kata Prof. Mustafid.

Dia menambahkan, apa yang tersirat dalam UU mengikat pada permasalahan hukum.

Sedangkan pada aspek lain Prof. Mustafid mengingatkan, menjelang akhir tahun hendaknya PTS memprogramkan renstra untuk tahun depan. Dalam konteks ini salah satunya adalah pemberian perhatian khusus kepada dosen untuk didorong menduduki jabatan Lektor, agar dapat diusulkan memperoleh sertifikasi. Karena persyaratan minimal untuk sertifikasi dosen adalah Lektor.

Terkait dengan penyerahan Surat Perpanjangan Ulan Ijin Penyelenggaraan Program Studi, kedepan akan diupayakan secara periodik tiga bulanan. Kendala yang dijumpai saat ini utamanya di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT).

         Adapun PTS penerima perpanjangan ulang yakni UKSW untuk progdi Pendidikan Teknik Informatika & Komputer, Seni Pertunjukan (S1), UMMagelang untuk progdi Mesin Otomotif dan Teknik Informatika (D3), UNISRI untuk progdi Manajemen (S2), UMS untuk progdi Ilmu Gizi, Fisioterapi, Ilmu Komunikasi, Kesehatan Masyarakat (S1), Manajemen (S2), UNDARIS untuk progdi Manajemen (S1), UNSA untuk progdi Hubungan Masyarakat, Teknik Mesin (D3), Ilmu Hukum, Teknik Informatika (S1), UNU untuk progdi Ilmu Hukum (S1), IKIP PGRI untuk progdi Manajemen Pendidikan (S2), Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Pancasila dan Kewargaannegara (S1), STIE Atma Bhakti untuk progdi Manajemen (S1), STMIK Duta Bangsa untuk progdi Manajemen Informatika (D3), STIE Muh Pekalongan untuk progdi Akuntansi (D3), AKBID Mardirahayu untuk progdi Kebidanan (D3), AMIK BSI Pwkt untuk progdi Manajemen Informatika dan Teknik Informatika (D3), AKPER Giri Husada untuk progdi Keperawatan (D3), Akbid Citra Medika untuk progdi Kebidanan (D3), Politeknik Surakarta untuk progdi Teknik Elektro, Teknik Mesin (D3), Politeknik Sawunggalih Aji untuk progdi Administrasi Bisnis, Akuntansi (D3).

COMMUNITY

Materi Pelatihan