Monday, June 25, 2018
   
TEXT_SIZE

Sistem Informasi Kesehatan untuk Mensukseskan INA Medicare (Jaminan Kesehatan Nasional)”.

Menyongsong Era Baru

Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia

 

Indonesia akan memasuki era baru, dimana seluruh masyarakat wajib memiliki jaminan kesehatan pada tahun 2014. Sekarang pemerintah sudah menyediakan jaminan asuransi yang mencakup seckitar 76,4 juta warga miskin dan hampir miskin, yang dibiayai melalui anggaran pemerintah. Sedangkan pada awal 2014 nanti Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diperkirakan akan mencakup 121,6 juta orang yang merupakan pengalihan dari peserta Asuransi Kesehatan (Askes) dari pegawai negeri sipil dan keluarganya, asuransi bagi anggota TNI/Polri, peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), peserta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JPK Jamsostek), dan sebagian peserta Jaminan Kesehatan Daerah. Diperkirakan seluruh rakyat baru bisa dicakup dalam JKN ini pada 2019.

Implementasi JKN tidak bisa lepas dari peran system informasi kesehatan. Maka pada tanggal 22-24 April 2013 akan dilaksanakan   Forum Informatika Kesehatan Indonesia ke-3 yang akan mengangkat tema ”Sistem Informasi Kesehatan untuk Mensukseskan INA Medicare (Jaminan Kesehatan Nasional)”.

 FIKI mengundang para pengambil kebijakan, praktisi, peneliti, mahasiswa, pemerhati dan segenap pemangku kepentingan untuk hadir, berdiskusi dan membangun jejaring untuk berkontribusi dalam membangun sistem kesehatan Indonesia yang lebih baik.

 Pada forum ini akan hadir Menteri Kesehatan sebagai Keynote Speaker, pembicara internasional dari WHO, Thailand, Korea, Philipina, Taiwan, dan pembicara-pembicara nasional dari jajaran Kementerian Kesehatan, Kemenkominfo, Kemendagri, dan best practice dari institusi rumah sakit, organisasi profesi, dan perguruan tinggi. Workshop dan fieldtrip akan dilaksanakan sebagai acara pre-conference. Selain itu FIKI juga mengundang para peneliti dan praktisi untuk mempresentasikan paper dalam bidang system informasi kesehatan.

 Informasi detail dapat dilihat pada publikasi dan TOR terlampir serta dapat diakses pada website : fkm.dinus.ac.id/fiki

 

Contact person : Nurjanah

Website :http://fkm.dinus.ac.id/fiki/

 

Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

HP: 0815 657 7170

COMMUNITY

Materi Pelatihan