Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

AUDIENSI IKIP PGRI SEMARANG KE KOORDINATOR BARU KOPERTIS WILAYAH VI JAWA TENGAH

Dr. Muhdi, SH, M.Hum Rektor IKIP PGRI Semarang sangat mengharapkan masukan, bimbingan dan pengarahan dari Koordinator Kopertis Wilayah VI  Jawa Tengah terkait dengan program pengembangan yang dilaksanakan IKIP PGRI Semarang, terutama menyangkut rencana berubahan bentuk lembaga dari institut menjadi Universitas yang saat ini sudah dalam proses di tingkat pusat.

            Hal tersebut disampaikan Muhdi saat melakukan audiensi ke Koordinator baru Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd, Kons (8/1). Menyinggung soal kondisi dan proses pembelajaran di kampus IKIP PGRI dijelaskan, bahwa dinamika kehidupan kampus yang dipimpinnya selama ini berjalan sangat kondusif, begitu pula menyangkut perlakuan terhadap dosen PNS Dpk dan dosen yayasan tidak ada perbedaan.

          Sedangkan beberapa pejabat struktural IKIP PGRI lainnya yang ikut mendampingi Muhdi menyampaikan  beberapa permasalahan, diantaranya menyangkut linieritas, beasiswa, sertifikasi dosen, jabatan fungsional akademik dan lain-lain.     

          Menanggapi hal tersebut, DYP Sugiharto mengharapkan agar pertemuan ini dapat meningkatkan pemahaman bersama dalam rangka pengembangan IKIP PGRI Semarang. Khusus terkait dengan perubahan bentuk lembaga yang sudah diproses, disarankan agar secara internal dilakukan pemantapan rencana strategi jangka panjang terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Kopertis dengan peraturan perundang-undangan/regulasi yang ada akan membantu secara teknis dan akan melakukan pengecekan terhadap progres yang sudah dilakukan IKIP PGRI Semarang.

          Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan oleh DYP Sugiharto, setelah Kopertis memeperoleh masukan dari beberapa pihak maka ada dua perspektif yang akan dilakukan. Secara makro ada mimpi yang ingin dikembangkan yakni menjadikan Jawa Tengah sebagai Propinsi Pendidikan Tinggi, menjadi Indonesia mini dalam dunia pendidikan tinggi dengan berbagai dimensi bidang keilmuannya,  implikasinya PTS harus semakin memantapkan keunikan dan keunggulannya. Rasa optimisnya menjadikan Propinsi Jawa Tengah sebagai Propinsi Pendidikan Tinggi ini karena didukung adanya beberapa PTS potensial di Jawa Tengah, salah satunya IKIP PGRI Semarang yang bisa menjadi pilar penopang untuk mewujudkan Jawa Tengah sebagai Propinsi Pendidikan Tinggi.

          Sedangkan dari sudut pandang mikro, dengan peraturan perundang-undangan/regulasi yang ada Kopertis secara teknis akan selalu siap membantu.

          Audiensi yang berjalan penuh kekeluargaan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Pelaksana, Sri Sujanti, SH serta beberapa pejabat struktural Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah.   

COMMUNITY