Thursday, February 22, 2018
   
TEXT_SIZE

LULUSAN AKBID AR-RUM HARUS BISA PENUHI KEMAMPUAN SOFT SKILL


Salatiga -   “Kemampuan soft skill yang dimiliki seseorang akan langsung dilihat dan dinilai, baik oleh masyarakat maupun stakeholder. Sehingga, lulusan Akademi Kebidanan (Akbid) Ar-Rum Salatiga perlu membekali lulusan dengan kemampuan softskill, seperti kejujuran, disiplin, etika kerja maupun komunikasi.”

            Harapan tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto atau yang akrab disapa Pak DYP pada acara Capping Day Pemasangan Kap Profesi serta Ucap Janji mahasiswa Akbid Ar-Rum angkatan VI sebanyak 51 orang, berlangsung di kampus setempat, baru-baru ini.

            Terkait dengan ucap janji yang diikrarkan mahasiswa merupakan hal yang sifatnya  sakral, serta menunjukkan adanya indikator terhadap kelancaran proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Untuk itu Pak DYP berpesan, kelak jika lulus mahasiswa yang saat ini melafalkan janji dapat membawa nama baik almamater, memiliki kemampuan berkompetisi dengan mengandalkan kompetensi dan soft skill.

            Terhadap penyelenggaraan Capping Day tersebut, Pak DYP memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Direktur dan seluruh civitas akademika Akbid Ar-Rum Salatiga.

            “Luar biasa, acara ini dikemas begitu apik dan menarik. Tentu ini perlu persiapan yang baik dan membutuhkan disiplin yang tinggi.

            Sementara itu, Direktur Akbid Ar-Rum, Risnawati S.SIT mengatakan, dengan dilakukannya pemasangan Kap profesi dan ucap janji mahasiswa, menunjukkan adanya kesiapan untuk melakukan praktik ketrampilan dasar kebidanan, baik klinik kebidanan langsung kepada individu, keluarga, masyarakat maupun rumah sakit.

            Dia berpesan, prosesi pemasangan Kap profesi jangan sekedar dijadikan sebagai acara ceremonial, akan tetapi jadikan sebagai pedoman dalam melangkah mengabdikan diri untuk memberikan pelayanan secara optimal.

            Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan bagi mahasiswa terbaik pertama, Mustika Rahayu (IPK 3.79), terbaik kedua Rahmawati Ningrum (IPK.3.62), terbaik ketiga Eka Reny Susanti (IPK 3.59). Kepada terbaik I,II,III, berhak menerima piagam maupun uang tabungan, masing-masing sebesar satu juta rupiah, tujuh ratus ribu rupiah, lima ratus ribu rupiah.

COMMUNITY