Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Publikasi Seminar Sains dan Teknologi ke-7 Unwahas


Sesuai dengan kalender akademik, Rabu 3 Agustus 2016 Fakultas Teknik Unwahas bermaksud untuk menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Sains dan Teknologi ke-7 di Auditorium Kampus 2 yang beralamat di Jl. Kol. Warsito Soegiarto No. 1, Bukit Manyaran Permai - Sadeng, Gunung Pati. Menurut M. Subchan Mauludin, M.T. ketua panitia SNST7 seminar call for paper ini terbagi dalam  kelompok bidang teknik kimia dan pangan, farmasi dan ilmu kesehatan, energi, material teknik dan perancangan, manufaktur dan teknik industri, informatika, elektronika serta teknik sipil dan arsitektur. Seminar ini terdiri dari dua sesi, sesi pertama menampilkan pembicara kunci (keynote speaker) adalah Romy Satria Wahono, Ph.D (Dosen, Peneliti dan Technopreneur (CEO PT. Brainmatics)) dan sesi kedua merupakan presentasi secara paralel dari makalah-makalah yang telah masuk dari kalangan akademisi, mahasiswa dan industri. Makalah yang telah dipresentasikan akan diterbitkan dalam Buku Prosiding ber-ISBN serta diunggah secara online di laman http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id

Seminar Nasional Sains dan Teknologi ke-7 Fakultas Teknik Unwahas kali ini mengambil tema keynote speech Internet of Everything (IoE) Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean”. Pemilihan tema ini di dukung penuh oleh dekan Fakultas Teknik Unwahas  Rita Dwi Ratnani, S.T., M.Eng,  dengan melihat visi pemerintahan baru Presiden Joko Widodo, yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. Untuk mewujudkan visi tersebut, akan ditempuh melalui misi yang salah satunya adalah dengan “Mewujudkan bangsa Indonesia yang berdaya saing ”.

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) merupakan “pasar tunggal” dikawasan Asia Tenggara. Pembentukan pasar tunggal ini memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara lainnya di wilayah Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat. Kemajuan teknologi informasi yang ditandai dengan perkembangan internet, mempunyai peran signifikan bagi kemajuan masyarakat baik secara ekonomi maupun sosiologis. Internet mampu mendorong akselerasi perekonomian di berbagai belahan dunia. Hal ini dimungkinkan karena secara fungsional (lewat program e-goverment, e-procurement, e-commerce dan berbagai aplikasinya), internet dapat meningkat efisiensi dan efektivitas kegiatan pemerintahan dan perekonomian. Penerapan internet di segala bidang secara umum akan dapat meningkatkan daya saing bangsa secara keseluruhan.

Informasi lebih lanjut dapat diakses di http://snst.unwahas.ac.id/

Brosur: 1 / 2

COMMUNITY

Materi Pelatihan