Friday, March 29, 2024
   
TEXT_SIZE

Unwahas Gelar Turnamen Piala Rektor I



Semarang-kopertis6.or.id – Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) untuk pertama kalinya menggelar Turnamen Futsal, Volley Ball, dan Hand Ball Piala Rektor dengan peserta pelajar SMA/SMK/MA se Jateng.

Acara yang berlangsung di GOR Jati Diri Semarang dari tanggal 16 s.d 18 Mei 2016 tersebut, menempatkan SMK Futuhiyah Mranggen Juara I, SMK Negeri 8 Semarang Juara II, MA Al-Asror Juara III untuk cabang Volley ball Putra. Sedangkan  cabang Volley ball Putri juara I diraih SMAN 11 Semarang, Juara II SMK Negeri 7 Semarang, Juara III SMK Negeri 8 Semarang. Untuk cabang Futsal Juara I diraih SMK Teuku Umar Semarang, Juara II SMA Sultan Agung Semarang, Juara III SMK 3 Kendal. Adapun untuk cabang Handball putra, juara I diraih SMAN 6 Semarang, Juara II SMAN I Kendal, Juara III SMA Negeri 8 Semarang. Untuk cabang Handball Putri, Juara I diraih SMA Negeri 6 Semarang, Juara II SMA Negeri 8 Semarang, Juara III diraih SMKN 1 Kendal.

Kepada para juara I, II, III, masing-masing diberikan hadiah berupa tropy, uang pembinaan, piagam, yang diserahkan tadi malam (18/4) usai pertandingan final cabang Handball.

Rektor Unwahas, Dr. H. Mudzakir Ali, MA usai menyerahkan hadiah mengatakan, diselenggarakannya acara ini sebagai upaya Unwahas untuk ikut berpartisipasi membantu pemerintah dalam mencari bibit-bibit pemain muda atlit potensial dan berprestasi. “Bagi yang meraih juara, kami tidak hanya memberikan tropy, uang pembinaan dan piagam, tapi juga menawarkan beasiswa berupa bebas SPP hingga lulus kuliah di Unwahas.” katanya.

Rektor berharap kepada pemenang untuk tidak melihat besar kecilnya uang pembinaan yang diterima. “Jangan melihat dari besar kecilnya nominal yang diterima, tetapi berbanggalah dengan prestasi yang adik-adik tunjukkan,” pesannya.

Gudangnya Pemain Nasional

Dari tiga cabang yang dipertandingkan, cabang Handball yang paling menarik perhatian Mudzakir, karena terdapat beberapa pemain nasional.

“Saya berharap nantinya atlit-atlit tersebut dapat kuliah di kampus Unwahas. Dengan bergabungnya adik-adik tersebut akan semakin menambah jumlah atlit Handball di kampus kami.” ujarnya.

Mudzakir menandaskan, diselenggarakannya Handball pada Piala Rektor ini untuk  menunjukkan kepada masyarakat luas terhadap kepedulian akan perkembangan dan kemajuan cabang olah raga yang satu ini. “Handball belum begitu familier di masyarakat. Untuk itu ingin kami kembangkan. Semoga cabang Handball dapat menjadi salah satu ikon kampus kami.” harapnya.

Rian Kurniawan (21) mahasiswa dari Progdi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Unwahas yang juga merupakan atlit nasional Handball menambahkan, Unwahas memiliki empat pemain nasional cabang Handball, terdiri dari tiga pemain putra dan satu pemain putri. “Di Unwahas juga memiliki wasit dan pelatih Handball bertaraf internasional.” jelasnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan