Tuesday, March 19, 2024
   
TEXT_SIZE

Dosen Unpand Dibekali Pengetahuan Menulis

Semarang-lldikti6.ristekdikti.go.id -  Universitas Pandanaran (Unpand) bekerjasama dengan penerbit “ANDI Offset” baru-baru ini menggelar Workshop “Pembuatan Buku Ajar” di Balairung Kampus Jalan Banjarsari, Tembalang. Workshop digelar bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan kepada pengajar khususnya para dosen, agar lebih berpengalaman.           

Plt Rektor Unpand Agustien Zulaidah mengatakan, sebagai PTS terkategori Cluster 4, Unpand berupaya meningkatkan kualitas SDM nya agar peringkat akreditasi B bisa naik menuju universitas unggul. “Kita pagi ini membekali para dosen untuk memiliki progress menulis berupa buku ajar dan buku referensi sebanyak-banyaknya,” ungkapnya. 

Menurutnya, workshop kali ini akan mendorong para dosen aktif menulis dan semakin terstimuli untuk terus berkarya. Sedangkan bagi yang belum memiliki buku ajar akan termotivasi untuk memulai berkarya. “Mereka juga bisa mendapat tambahan penghasilan apabila melaksanakan dengan baik,” kata Agustin. 

Sedangkan Direktur ANDI Offsett Joko Irawan menyampaikan,  publikasi dalam hal karya buku bagi akademisi, bermanfaat dalam mendatangkan finansial.

“Ini juga sebagai bentuk pengabdian, branding dan promosi prodi maupun institusi dan ini bisa memenuhi regulasi (akreditasi),” jelas pria yang juga anggota Dewan Pertimbangan IKAPI DIY dan Ketua IKAPI DIY 

Ketua LPPM Unpand Dr Widi Astuti MSi menambahkan, tidak semua proses penerbitan buku menjadi beban penulis, karena pihak penerbit juga sudah mempersiapkan penterjemah jika memang dibutuhkan, seperti editing, layout cover, dan ilustrator, sehingga teman-teman dosen bisa memanfaatkannya.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan