Tuesday, March 19, 2024
   
TEXT_SIZE

Dr. Samtono Ketua Baru STIEPARI

 

Semarang-lldikti6.ristekdikti.go.id – Ketua Yayasan Tri Viaca Prof.Dr.Y.Sutomo, MM dua jam yang lalu melantik Dr. Samtono sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (Stiepari) Semarang menggantikan Dra. Renny Aprilliani, MM yang habis masa jabatannya selama dua periode. Sebelum diangkat sebagai Ketua Stiepari yang baru untuk periode 2018-2022, dirinya merupakan dosen tetap PNS dipekerjakan di Stiepari. Pemberhentian Renny serta pengangkatan Dr. Samtono sebagai Ketua Stiepari terhitung sejak 15 Desember 2018.

Tampak hadir dalam acara pelantikan ini Ketua APTISI VI Jawa Tengah Prof. Dr. Edi Noersasongko, beberapa pimpinan PTS di Semarang, serta internal Stiepari yang terdiri dari pejabat struktural, dosen, tenaga kependidikan, BEM dan mahasiswa.

Usai melantik Prof.Dr.Y. Sutomo menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Renny Aprilliani, MM yang selama ini telah ikut membesarkan Stiepari.

“Selama menjabat sebagai Ketua di Stiepari, Ibu Renny telah menunjukkan dedikasi yang baik, utamanya terkait dengan mutu. Indikator ini dapat dicermati dengan diraihnya peringkat B (amat baik) untuk keseluruhan progdi yang diselenggarakan, serta raihan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) yang sama-sama meraih peringkat B (amat baik).

Sedangkan kepada Ketua Stiepari yang baru dilantik, Prof.Dr. Y. Sutomo menyampaikan harapan agar selama memimpin institusinya memiliki kecepatan yang tinggi dari  pimpinan sebelumnya. “Lakukan penguatan di bidang teknologi informasi (IT) jika berkeinginan eksis diera 4.0. Sedangkan pada aspek lain,   jagalah iklim kondusif internal yang baik secara kemistri, baik antara struktural dengan dosen, struktural dengan tenaga kependidikan dan mahasiswa.”

Diingatkan oleh Prof.Dr.Y.Sutomo bahwa tantangan perguruan tinggi diwaktu mendatang sangat berat. Perusahaan dalam rekruitmen para lulusan sarjana  tidak lagi melihat ijazah, tetapi lebih pada kepemilikan kompetensi. “Saat ini dan kedepan yang dibutuhkan dunia industri adalah sertifikasi keahlian yang dikeluarkan oleh lembaga kredibel.” tegasnya 

Pada akhir sambutan Ketua Yayasan Triviaca tersebut mewanti-wanti kepada Dr. Samtono agar selama kepemimpinannya selalu taat regulasi yang berlaku.

Sementara itu Ketua APTISI VI Jateng Prof. Dr. Edi juga menyampaikan beberapa harapan kepada Dr. Samtono agar usai dilantik untuk segera terbang lepas landas dengan berbagai progress baru dengan harapan para lulusan SLTA sederajat akan melanjutkan kuliah di Stiepari bagi yang berkeinginan mendalami bidang ilmu kepariwisataan.

“Pada 2020 nanti pemerintah sangat berharap agar sektor pariwisata sebagai penyumbang devisi tertinggi dengan mengandalkan banyaknya kunjungan turis luar negeri ke Indonesia. Tentu  ini merupakan kesempatan yang baik bagi Stiepari untuk menunjukkan jatidirinya kepada masyarakat luas sebagai perguruan tinggi yang mengembangkan disiplin ilmu kepariwisataan.

Namun perlu saya ingatkan, untuk mendapatkan hasil optimal yang dibutuhkan adalah kerja keras dan kerja cerdas.” Ungkap Prof.Dr. Edi menandaskan.  

 

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan