Sunday, July 22, 2018
   
TEXT_SIZE

Hafal Alquran Bebas SPP

Purwokerto-kopertis6.or.id - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membebaskan biaya semesteran, bahkan ada pemberian uang saku bagi mahasiswa hafiz Alquran. Hal itu dilakukan sesuai dengan visi UMP Menjadi Universitas Unggul, Modern dan Islami.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerja sama, dan Al Islam Kemuhammadiyahan UMP Dr. Jebul Suroso, S.Kp., M.Kep. mengatakan, UMP memiliki delapan program beasiswa, yaitu Beasiswa PPA DIKTI KOPERTISVI, beasiswa BIDIKMISI DIKTI, beasiswa PPA & BBM UMP, beasiswa Hafidz Alquran, beasiswa berprestasi, beasiswa Kader Muhammadiyah, beasiswa fakir miskin dan beasiswa yatim. 

"Beasiswa bagi hafiz (penghafal) Al Quran ini diberikan `full` untuk pembiayaan termasuk uang saku selama proses studi di UMP dengan catatan mereka (mahasiswa) itu hafal Al Quran 30 juz," katanya di Kantor Pusat UMP, Kamis (31/5/2018).

Menurutnya, standar penguatan ilmu keagamaan merupakan ciri khas dalam Universitas tersebut. Di kampus, para mahasiswa selain memiliki nilai akademik tinggi, mereka juga dibina agar menjadi seorang dai, hafiz dan hafizah.

Seleksi calon penerima beasiswa hafiz Al Quran  diselenggarakan pada awal masuk kuliah, yakni melalui tes yang dilakukan oleh tim khususnya dari Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Islam. "Semoga nanti benar-benar sebanyak mungkin hafiz Al Quran yang terlahir dari UMP," harapnya.

Lebih lanjut Jebul mengatakan, pada setiap periode atau semester dilakukan pemonitoran dan evaluasi terhadap mahasiswa yang menerima beasiswa hafiz Al Quran tersebut.
"Pengalaman selama ini, dengan mereka (mahasiswa penerima beasiswa) aktif di masjid kami, melakukan kajian, mereka itu tetap mendapatkan beasiswa tersebut," katanya.

Salah seorang penerima beasiswa hafiz Al Quran, Muhammad Afif Muizuddin (21) mengaku senang menerima beasiswa tersebut
, meskipun setiap semestar harus diuji kembali.
"Dengan demikian, saya harus lebih sering mengulang hafalan. Jadi hafalannya tidak hilang.
” ungkapnya

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan